Thursday, 31 December 2015

Evaluasi di Akhir Tahun 2015






Kalau kemarin saya sudah menulis tentang keinginan terbesar atau resolusi di tahun 2016, kali ini saya akan mencoba mengevaluasi resolusi di 2015 yang telah saya buat setahun yang lalu. Yap, saatnya bermuhasabah diri di bulan kelahiran saya. Sebenarnya sudah agak terlambat, ya, karena hari lahir saya tanggal 2 Desember lalu. Tapi tak apalah, sekalian ikut ramai-ramainya orang mengevaluasi resolusi di akhir tahun :).

Wednesday, 23 December 2015

Ibuku Itu...



Hasil edit di canva.com


Ungkapan tentang ibu, tak harus yang romantis, melankolis, puitis, dan semacamnya, kannn?? Hehe... alasan aja, nih, emang sebenernya saya enggak bisa nulis yang romantis-romantis ;)

Sunday, 20 December 2015

Jiwa dan Raga yang Sehat untuk Ibu Bahagia



Me time bersama teman-teman sehobi.


Seorang ibu itu superpower. Seorang ibu hampir tak pernah beristirahat dari bangun tidur hingga ia tidur kembali. Pasalnya, ada anak-anak dan suami yang membutuhkan perhatian dan uluran tangannya. Seperti itu pulalah yang saya alami sebagai seorang ibu yang hampir setiap hari selama 24 jam bersama anak-anak di rumah. Maka untuk mengimbangi segala bentuk kerepotan yang menguras tenaga, waktu, dan pikiran itu, saya butuh me time.

Saturday, 19 December 2015

Keinginan Terbesar di 2016: Lebih Banyak BERBAGI






Sebenarnya bukan karena latah jika saya menuliskan keinginan-keinginan untuk tahun depan, seperti yang dilakukan kebanyakan orang di akhir tahun. Bukan karena ikut-ikutan jika saya mempunyai resolusi untuk tahun 2016 yang akan datang. Ya, karena alhamdulillah, saya terlahir pada tanggal dua di bulan Desember, sehingga bagi saya Desember adalah bulan muhasabah (introspeksi/evaluasi diri) sekaligus bulan untuk menyusun resolusi yang baru untuk tahun berikutnya. 

Wednesday, 16 December 2015

Pentingnya Peran Ibu dalam Upaya Perlindungan Perempuan dan Anak






Jadi ceritanya begini, kemarin saya mengikuti sebuah lomba menulis. Dan seperti yang sering terjadi: tulisan saya enggak menang! :D. Nah, daripada tulisan itu ngendon di file komputer, mendingan saya posting di blog ini saja. Siapa tahu ada manfaatnya :).
Dan berikut ini hasil pemikiran saya (di ambang DL lomba, soalnya tahu info lomba 3 hari menjelang DL) tentang 
tema "keperempuanan" (yang sudah saya edit sana-sini). Selamat membaca, temans. Semoga enggak capek bacanya :) 

Thursday, 10 December 2015

Lezatnya Ikan Teri Nasi dan Kandungan Gizinya



Ikan teri nasi (dok. pribadi).


"Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya...." (QS. An-Nahl: 14)

Setiap hari, tuh, saya sering bingung menentukan sayur dan lauk yang akan dimasak. Penginnya memang menjadwalkan apa saja sayur plus lauk yang akan dimasak dalam satu minggu. Tapi… karena saya belanjanya di tukang sayur yang lewat, bukan di pasar, jadi menu sayur saya tiap hari tergantung dari stok yang ada pada mbak tukang sayur. Enggak mesti bisa sesuai jadwal. Termasuk soal lauk, mau masak lauk apa, ya, tergantung stok yang ada. Seperti kemarin, karena pagi itu ada ikan teri nasi yang seger, jadilah saya ambil bungkusan teri nasi itu. 

Sunday, 6 December 2015

Air Kelapa dan Keracunan Makanan



credit


"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." 
(QS. An-Nahl: 11) 


Kemarin sempat baca postingan teman tentang minuman air kelapa. Trus kapan hari juga dibeliin suami air kelapa muda. Nah, kalau lagi baca, lihat atau lagi minum air kelapa, pasti deh saya langsung keinget sama pengalaman berkesan saya. Hehe… Pengalaman apa itu? Yap, itu semua gara-gara saya pernah keracunan makanan! 

Wednesday, 2 December 2015

(Cuma) Ganti Domain



Kue-kue dari mbah Google di hari "DUDE" ku :)


“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” 
(QS. Al-Insyirah: 6-8) 


Hidup itu sebenarnya memang selalu bergerak, selalu berubah, penuh dinamika. Bahkan semalas apa pun seseorang, ia tetap berubah. Meski yang berubah hanyalah seujung rambutnya :).

Tuesday, 1 December 2015

No TV, No Cry?






Beberapa minggu yang lalu kami sekeluarga melepas salah satu televisi (TV) yang kami punya. TV itu kami lepaskan ke rumah adik yang baru pindah kontrakan. Berhubung adik sudah dua kali mencari-cari TV di toko elektronik tapi belum ada yang cocok, maka suami menawarkan TV kami kepadanya. Ternyata adik setuju mengganti TV itu dengan harga “keluarga”. Maka jadilah TV kami itu berpindah rumah :). 

Wednesday, 11 November 2015

Keistimewaan Anak Pertama (Sulung)



Faiq usia 5 tahun.


“Dari si sulung, saya belajar banyak hal untuk perbaikan anak saya yang kedua. Dari si sulung, saya bertambah pintar sebagai seorang ibu.” 


Saat ini anak pertama saya atau si sulung Faiq berusia 5,5 tahun. Sedangkan adiknya, Fahima, berusia 18,5 bulan (1,5 tahun). Setiap anak memang berbeda-beda perkembangannya, begitu juga antara Faiq dan Fahima. Tetapi seringkali bila saya memandangi wajah si sulung, saya merasa banyak berbuat salah padanya. Saya banyak berhutang padanya. Dan saya harus menebus itu semua! 

Thursday, 5 November 2015

Jadi, Apakah Tipe Rumah Mencerminkan Karakter Pemiliknya?



Rumah yang asri (credit).


Selalu mengasyikkan jika saya dihadapkan pada kesempatan melihat-lihat dan memilih tipe rumah idaman. Meski saya tahu rumah-rumah yang ditawarkan itu hampir mustahil saya miliki (karena biasanya rumah-rumah yang ditawarkan "wah" :) ). Namun, sekadar memilih dan membayangkannya saja tak ada salahnya, kan? Sekadar cuci mata dan mencari inspirasi, siapa tahu suatu saat nanti bisa memiliki rumah idaman. Hehehe... 

Sunday, 1 November 2015

Pengalaman Belanja Online di SAQINA



Mengunjungi SAQINA dari genggaman tangan :)


Beberapa waktu belakangan ini saya agak pusing mencarikan baju muslimah buat Fahima, putri saya yang usianya 18 bulan. Saya kepingin sekali melihat Fahima kalau bepergian memakai baju muslimah. Saya sudah berusaha mencari di dekat-dekat rumah, baik di toko busana muslim, toko anak-anak, hingga ke pasar :). Tapi hasilnya nihil. Selalu saja ukurannya tak ada yang sekecil ukuran badan Fahima. Kebanyakan yang ada adalah ukuran anak-anak 2 tahun ke atas. 

Friday, 30 October 2015

Lenovo A859 Membuat Hari-hariku Lebih Berwarna



Lenovo A859


[bukan review] :D

Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis tentang smartphone saya. Buat apa? Pamer? Emm… Kalau mau pamer, barang yang lebih bagus atau mahal lebih banyak di luar sana. Ya, buat catatan pribadi saja. Terus ngapain dipublish di blog? Ya, buat apalah terserah yang baca. Hehehe…. Intinya buat berbagi cerita saja *tetep sejalan dengan nama blognya :D* 

Tuesday, 20 October 2015

Hujan dan Gubuk di Tepi Sawah



Gubuk di tepi sawah, secuil kenangan masa kecil ada di sini :)


Waktu itu, kami tinggal di desa. Jauh dari kota/kabupaten, jauh dari keramaian kota. Keadaan ekonomi pun sedang tak seberapa. Jadi maklum, jika kami tak punya kamera. Alhasil, kenangan masa kecil pun hanya terabadikan dalam pikiran dan hati semata.

Tuesday, 13 October 2015

Go For It: Berbagi Cerita?



Foto yang diedit dengan aplikasi PhotoCollage dan menu edit di hape.



Apa kabar pertengahan Oktober? Apa kabar blog? Hehe… daripada blog ini semakin lumutan, saya pengen bercerita tentang kegiatan blogging, ah. Itu tuh, seperti yang dilakukan teman-teman blogger untuk mengikuti Blog Competiton-nya Emak Gaoel :). Kompetisi blog nan keren ini memberikan pertanyaan: “apa yang sedang kamu kejar dalam kegiatan bloggingmu?”

Saturday, 10 October 2015

Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Wisata Edukasi



Taman Makam Pahlawan Bandung (credit)


Setelah postingan saya sebelumnya nyindir-nyindir dikit soal tempat wisata di Bogor, kali ini saya pengen ngomongin tempat wisata di Bandung, ah…. Kenapa Bandung? Karena Bandung deket dengan Bogor. Kenapa Bogor dan Bandung? Yaa, pengen aja :D. 

Sunday, 20 September 2015

Latar Belakang Piknik: Perang Dingin!






Hubungan antara seorang istri dan adik ipar perempuan terkadang berjalan kurang harmonis. Setidaknya begitulah yang pernah saya dengar dan saksikan di sekitar saya. Dan lebih tepatnya, saya juga pernah mengalaminya sendiri! Ahayy... :D

Saturday, 12 September 2015

Jasa Penulis Artikel: Bagaimana Kiatnya?



credit


Bulan September sudah hampir memasuki pertengahannya, dan saya belum menulis apapun untuk blog ini? Mau hiatus lagi? Duh… jangan, dong. Baiklah, makanya sekarang saya mulai posting tulisan, nih. Dan kali ini saya mau nulis tentang jasa penulis artikel

Monday, 31 August 2015

Samsung Galaxy Note 5, Generasi Baru yang Makin Manjakan Penggunanya



Samsung Galaxy Unpacked 2015 Livestream



Teman-teman sudah lihat video di atas? Megah dan hebat, ya. Sebuah peluncuran produk yang memukau. Ya, itulah perhelatan besar yang diadakan oleh produsen gadget asal Korea Selatan, Samsung Electronics. Acara yang bertajuk “Samsung Unpacked 2015” ini diadakan di Lincoln Center, New York City, Amerika Serikat pada tanggal 13 Agustus 2015 yang lalu.

Wednesday, 19 August 2015

Berlebaran yang Lebih Simpel di Mata, Simpel di Hati



Mudik tahun 2010, kurang lebih seperti ini kami dan barang bawaan kami (credit)


Saya ingat lebaran tahun 2010 yang lalu ketika anak pertama kami masih berusia kurang dari setahun. Saat itu adalah Idul Fitri kedua semenjak pernikahan kami. Sebagai pasangan suami-istri yang masih terbilang baru, kami pun belum begitu berpengalaman dalam acara-acara seputar lebaran seperti mudik dan yang lainnya. 

Sunday, 16 August 2015

Mudik Asyik dengan Berpartisipasi dalam Citizen Journalism



Lebaran sudah sebulan berlalu, tapi masih ada cerita yang ingin saya bagi :). Biarlah basi, tapi saya hanya ingin mencatat kenangan-kenangan itu. Mungkin itu tandanya, lebaran tahun ini banyak cerita seru dan menyenangkan yang saya alami, sehingga sangat berkesan dalam ingatan saya. Alhamdulillah…

Wednesday, 12 August 2015

Bagaimanapun Kondisinya, Nikmati Perjalanan Mudikmu






Pagi itu saya bangun sekitar pukul empat pagi. Saya langsung menuju kamar mandi untuk mandi sekaligus wudhu. Setelah mandi dan menunaikan shalat shubuh, saya kembali merapikan barang-barang yang telah saya masukkan ke dalam dua tas semalam. Meneliti kembali barang-barang apa saja yang mungkin tertinggal. Setelah itu, saya bangunkan kedua anak saya. Mereka juga harus mandi! Sementara itu suami menyiapkan sepeda motor andalan kami. Memanasi mesinnya, juga memeriksa kembali apakah ada yang kurang maksimal kondisinya. 

Wednesday, 5 August 2015

Makna Mudik Bagi Kami



Bismillahirrahmanirrahim...


Alhamdulillah, tangan ini masih diberi kesempatan untuk menulis di blog ini :). Ternyata tak mudah bagi saya untuk rajin ngeblog (seperti niat saya beberapa minggu kemarin). Bulan Juli kemarin tak satu pun tulisan terposting di blog ini. Hiks.. Ya sudah, lupakan…. Syukuri saja saat ini masih bisa menulis untuk mengisi blog tercinta ini :). 

Friday, 26 June 2015

Menunggu Waktu Berbuka di Rumahku, Surgaku



Halaman depan rumah kami



Alhamdulillah, sudah 4 kali Ramadan kami jalani bersama-sama di rumah. Saya dan suami telah resign dari pekerjaan kami masing-masing kurang lebih sama, 4 tahun yang lalu. Suami memutuskan membuka usaha sendiri di rumah, sedangkan saya menjadi ibu rumah tangga yang secara full time di rumah.

Thursday, 11 June 2015

Suatu Siang Bersama Mi Kering Tropicana Slim: Buat Me Time atau Buat Anak?






“Baca buku sambil makan Mi Kering Tropicana Slim di halaman belakang yang semilir, enak kali yaa….”. 

Hemm… itulah yang saya bayangkan kemarin siang, ketika saya merasa mempunyai me time. Ya, inilah waktu untuk memanjakan diri sendiri! Sepertinya suasana sedang mendukung: si kecil sedang tidur siang, si kakak lagi asyik main di ruang tengah (dan sebentar lagi mungkin akan tidur juga), dan pekerjaan rumah sudah beres. Wah… pasti asyik, nih, acara baca buku bakalan gak ada yang ganggu! Maklum, anak-anak masih kecil, sehingga waktu luang semacam ini sangat berharga :). 

Saturday, 30 May 2015

Mencari Semangat Setelah Hiatus Ngeblog



credit


Sebulan lebih saya tidak ngeblog. Saya merasa hiatus ngeblog. Saya merasa berhenti terlalu lama dari aktivitas ngeblog. Rasanya gimana? Kehilangan semangat ngeblog! Wah, bahaya ini :).

Sunday, 19 April 2015

Ibu Mertua dalam Imaji



credit


Waktu itu saya sedang hamil muda. Saya bersama suami mudik ke kampung halaman suami di Nganjuk. Mungkin karena kecapekan plus kondisi sedang hamil, badan saya terasa pegal-pegal semua. Maka sesampainya di sana, suami menyarankan saya untuk pijat. Tentu saja pijat yang khusus untuk ibu hamil. 

Friday, 10 April 2015

Ibu Rumah Tangga Mental S-1



credit


Lama berpisah dengan teman-teman kuliah, kadang ada yang bertanya kabar saya via telepon atau sekadar sms. Mereka menanyakan aktivitas saya sehari-hari saat ini. Dari nada mereka merespon jawaban saya, sepertinya ada kesan kasihan dari mereka (atau cuma perasaan saya saja, ya :) ). Pasalnya, saat ini saya “hanya” menjadi ibu rumah tangga, yang hampir tiap hari, 24 jam, di rumah mengurus segala urusan rumah tangga.

Thursday, 26 March 2015

Wefie di Roro Kuning



Mengenal suatu daerah secara lebih dekat karena ada ikatan tertentu pasti rasanya lebih spesial daripada tanpa ikatan apapun. Setidaknya itulah yang saya rasakan ketika ingin mengenal lebih dekat dengan daerah Nganjuk. Karena adanya ikatan perkawinanlah saya bisa mengenal dan selanjutnya menjadi sedikit banyak tahu mengenai salah satu daerah (kabupaten) di Jawa Timur ini. Tapi sebenarnya saya bukan hanya ingin mengenal Nganjuk, saya juga ingin menumbuhkan kecintaan pada tanah kelahiran suami tersebut dengan mengunjungi banyak tempat di sana. 

Tuesday, 17 March 2015

Nikah itu Indah :)



Halo teman-teman, lama sekali saya tidak mengisi blog ini. Hampir sebulan saya vakum :). Dan, untuk memulai menulis di blog ini lagi, kali ini saya ingin menulis tentang permasalahan yang bisa dibilang berat bisa juga dibilang ringan. Tentu saja seperti biasa, sambil berbagi cerita :). 

Sunday, 22 February 2015

[Resensi Kompas Anak] FIXIANO, Kumpulan Cerita Karya Penulis Cilik



Gambar dari ePaper Kompas, 22 Februari 2015.


Membaca buku lalu menuliskan review atau resensinya itu menyenangkan menurut saya. Karena kita seperti merangkum isi buku tersebut kemudian akan mudah mengingatnya. Sebelumnya, saya telah beberapa kali menulis review dan resensi buku-buku konsumsi orang dewasa. Tetapi kali ini saya mencoba menulis resensi buku anak. Dan alhamdulillah, resensi saya tersebut dimuat di harian Kompas Anak hari ini, 22 Februari 2015.

Tuesday, 17 February 2015

[Mommylicious and Me] Begitu Dekat, Begitu Bersahabat






Jawaban asal 
Saya sering kebingungan mencari jawaban pertanyaan Asa. Terkadang saya menjawab asal-asalan. 
Asa : Ma, kok ayam punya telur? 
Mama : Iya, memang ayam punya telur. 
Asa : Kenapa matahari terang? 
Mama : Iya, kan memang terang. 

Saturday, 7 February 2015

KOK NANGIS? (Dimuat di Rubrik "AH TENANE" SOLOPOS)



Contoh ilustrasi di rubrik "Ah Tenane" Solopos (gambar dari sini)



Ini adalah tulisan kedua saya yang dimuat di rubrik "Ah Tenane" Solopos. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, rubrik ini merupakan rubrik dari korannya wong Solo yaitu Solopos, yang berisi cerita ringan nyata nan lucu. Isinya tak panjang-panjang, jadi sekali lahap langsung habis. Intinya, ini rubrik hiburan :).

Wednesday, 4 February 2015

Karnaval Ayo Melek Gizi, Langkah Kecil Tapi Penting untuk Indonesia Sehat



Beberapa waktu yang lalu saya mengajukan pertanyaan terkait tinggi badan dan berat badan anak saya pada Tim Ahli Gizi Nutrisi untuk Bangsa (NUB) – Sarihusada. Saya mengkhawatirkan pertumbuhan anak saya yang – saya pikir – kurang bagus. Di usianya yang 4,5 tahun, pertumbuhan tinggi badan anak saya cenderung lambat, dan badannya terlihat kurus. 

Tuesday, 27 January 2015

KEB Itu: Energi Positif!






KEB itu menyenangkan 
KEB itu ruang yang hangat 
KEB itu memotivasi 
KEB itu rumah yang luas 
KEB itu keluarga besar 
KEB itu kompak 
KEB itu kuat 
KEB itu energi positif 
KEB itu… luar biasa. 
Ah, terima kasih, KEB.

Thursday, 8 January 2015

Kado Terindah, Kado Kenangan dari Kakak Tercinta






“Kado terindah adalah kado yang diberikan dengan tulus oleh orang-orang terkasih, betapapun bagaimana wujudnya.” 


Pertama kali lihat GiveAway-nya Galaksi Pungky yang bertema “kado terindah”, ingatan saya langsung pada suatu benda. Saya segera menuju ke gudang, lalu bongkar-bongkar tumpukan buku yang ada di kardus. Saya yakin, kok, benda itu masih ada. Meski kami sekeluarga sering pindah rumah, tapi seingat saya, saya selalu membawanya ikut serta. Dan meskipun beberapa waktu yang lalu gudang kami “diserang” oleh pasukan rayap, tapi seingat saya juga, benda itu bukan salah satu korbannya :). 

Wednesday, 7 January 2015

Kado yang Aku Mau, untuk Kemudahan Antar-Jemput Anak



credit


Mumpung masih di awal tahun, boleh yaa bermimpi untuk mengisi satu tahun ke depan. Ya, di awal tahun 2015 ini saya ingin menuliskan sesuatu yang berbau keinginan, harapan, impian, atau apalah namanya. Yang jelas, to the point saja.. di tahun 2015 ini saya pengin banget mempunyai sepeda motor sendiri! Seperti dalam gambar di atas itu :).

Sunday, 4 January 2015

[REVIEW] FIXIANO: Kumpulan Cerita Anak dari Seorang Penulis Cilik




Judul Buku : FIXIANO, Kumpulan Cerita Ian 
Penulis : Gabriel Fabiano 
Penerbit : Sinotif Publishing 
ISBN : 978-979-18733-8-3 
Cetakan : Pertama, Oktober 2014 
Tebal : 144 halaman 
Harga : Rp.60.000,00. 
================================

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Herbadrink Blog Competition

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

Priceza


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law