Tuesday, 12 August 2014

[REVIEW] PUZZLE MIMPI: Merangkai Kepingan, Meraih Mimpi Tanpa Batas



credit


Bagi saya MIMPI itu PENTING! 
Mimpi menjaga semangat untuk terus tumbuh. 
Mimpi membuat langkah semakin terarah mengejar masa depan. 
Mimpi menghadirkan keyakinan. 
Mimpi menemani diri menerpa segala hambatan. 
Mimpi, yang bukan sekedar mimpi tapi sebuah harapan untuk sebuah kehidupan yang lebih BERKESAN. 


Ketika mendapatkan buku ini, saya seneng banget. Pertama, karena saya akan membaca kisah hidup seseorang yang hebat, ibu muda yang penuh prestasi. Kedua, karena buku ini ditulis oleh seseorang yang hebat pula, yaitu seorang penulis dan guru yang saya kagumi. 

Ya, inilah buku PUZZLE MIMPI, buku yang ditulis oleh mbak Anna Farida, seseorang yang saya kenal lewat komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis), yang merupakan guru EYD dalam komunitas tersebut. Saya sangat senang mengikuti setiap kelasnya, karena beliau selalu memberikan materi dengan asyik dan renyah. 

Buku yang berjudul “Puzzle Mimpi: Merangkai kepingan, meraih mimpi tanpa batas” ini based on true story of Indari Mastuti. Iya, buku ini mengisahkan memoar atau perjalanan hidup Indari Mastuti atau biasa dipanggil Teh Iin, dari kecil hingga sekarang. Siapa yang tak kenal teh Iin? Saya rasa nama itu sudah tak asing di dunia penulisan sekarang ini. Beliau adalah founder komunitas IIDN, Perempuan Inspiratif Nova 2010, Juara II Wirausaha Muda Mandiri 2011, Perempuan Indonesia Terinspiratif Majalah Kartini 2012, dan masih banyak lagi penghargaan yang tersemat padanya. 

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa kehidupan Indari sejak kecil hingga sekarang tak luput dari kisah-kisah pahit, kisah-kisah yang menyedihkan. Hidup sebagai orang kaya hanya dijalaninya sampai ia sekolah di Taman Kanak-kanak. Setelah itu, kehidupannya berangsur-angsur mulai berubah, perekonomian keluarga mereka merosot. 

Konflik keluarga yang terjadi antara ayah dan ibunya membuat Indari hidup dalam keluarga yang tidak harmonis. Ayahnya yang merupakan pengacara yang jujur, namun kurang pandai memimpin keluarga. Sedangkan mamanya seorang yang mudah mengeluh. Konflik kedua orangtuanya itu membuat suasana rumah menjadi kurang menyenangkan. 

Namun meski begitu, Indari tetap memelihara semangatnya. Dia tetap membangun mimpi-mimpinya. Ia menuliskan mimpi-mimpi itu dan menamainya dengan 101 mimpi. Dia jadi punya arah, sekaligus tujuan untuk dikejar. Hasilnya, setiap langkah, pemikiran, dan keputusan yang diambilnya selalu mengarah ke 101 mimpinya itu. 

Sejak kecil Indari juga sudah terbiasa dengan kedisiplinan. Hal itu dipelajarinya dari sang ayah. Ia mempunyai jadwal yang ditempelkan dalam lemari kamarnya. Kedisilinan seperti itulah yang hingga sekarang menjadi karakternya, yang menjadikan salah satu faktor pengantar pada kesuksesannya. Selain itu dia juga menempelkan banyak sekali kalimat-kalimat motivasi di lemari yang sama. Sehingga semangatnya untuk meraih mimpi-mimpinya selalu terjaga. 

Ada lagi yang membuat Indari dapat melakukan pencapaian-pencapaian bagus di usia mudanya. Semangat dan kerja kerasnya patut diacungi jempol. Seperti itu pula gaya bekerjanya sejak dulu. Hingga bawahannya pernah ada yang berkata seperti ini: 

“... Teteh kok masih kuat. Dopingnya apa, sih?” 
“Haha... Dopingku hanya semangat.” 
Benar adanya. Yang membuat Indari terus memacu kinerjanya adalah semangat untuk menciptakan masa depan yang baik. Dia yakin, dengan kerja keras, mimpi masa kecilnya akan tercapai. Sesederhana itu. 

Karena buku ini termasuk buku kisah inspiratif, di dalam buku ini juga disisipkan kisah-kisah pembangun motivasi dari beberapa orang terkenal, seperti kisah hidup Oprah Winfrey, Pipiet Senja, Butet Manrung, dan lain-lain. Kalimat-kalimat penuh motivasi dan menginspirasi pun bertebaran di dalamnya (saya sampai bingung mau mengutip yang mana saja :) ). 
Ada sekelumit persoalan, tetapi ada sebareg solusi yang jauh lebih penting untuk dijalankan. Hidup jangan dihabiskan untuk bergelut dengan masalah. Lebih baik kita memanfaatkan kesempatan di depan mata untuk menggapai hidup lebih baik. 
Perjalanan tidak selalu mulus, tidak juga selalu sukses sesuai harapan. Hal ini bukan berarti kita berhenti melangkah, tetapi mencari solusi yang terbaik. Terus lakukan inovasi dengan kretif adalah pilihan terbaik dalam keadaan gagal pun tidak terhenti ketika sukses. 

Yang jelas, membaca buku ini memang tak rugi. Kisah teh Iin sungguh dapat melecutkan semangat kita untuk bangkit dan maju. Merangkai mimpi itu sangat penting, kemudian bergerak untuk merangkainya, meraihnya kemudian menjadikannya utuh seperti layaknya menjadikan puzzle yang utuh :) 


Tentang Buku:
Judul Buku : PUZZLE MIMPI: Merangkai kepingan, meraih mimpi tanpa batas 
Penulis : Anna Farida 
Penerbit : Caesar Books Publisher 
Cetakan : Pertama, 2012 
Tebal : 178+vi halaman 
ISBN : 602-8150-33-9 
Harga : Rp.35.000,00. 





6 comments:

  1. Jadii "hidup jangan dihabiskan untuk bergelut dengan masalah" ya mbak.. Suka' reviewnya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Begitulah petuah bijak itu. Saya juga suka' dengan quote-nya :)
      btw makasih ya, Mbak, udah berkunjung :)

      Delete
  2. Terima kasih review-nya, Mbak Diah. Kejar terus mimpimu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahayyy... dikunjungin cikgu.. alhamdulillah, senengnya saya.... :)
      Sama-sama, Mbak Anna. Insya Allah :)

      Delete
  3. jadi pensaran sama buku ini mbak, nice review ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, Mak.. hihihi.. ayolah diburu :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law