Saturday, 9 August 2014

[REVIEW] Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an)






Seneng banget rasanya, ketika saya ditawari untuk mereview sebuah buku tentang blogger, dan dikirimi buku tersebut secara gratis! Dan yang membuat lebih seneng lagi adalah, yang nawarin itu salah satu blogger terkenal dan saya kagumi, yang juga termasuk penulis dari buku tersebut, yaitu Mak Haya Aliya Zaki :)

Buku yang saya maksud adalah buku “Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an)”. Hehe.. dari judulnya saya sudah memberikan nilai positif, soalnya judul itu menggelitik dan kreatif. Kalau saya menafsirkan, sih, buku antologi itu memang ditulis oleh para blogger kondang. Dan kenapa diberi tambahan “(an)”, karena isinya keroyokan, seperti kalau kita ke kondangan, kan, rame-rame. Hehe.. it’s just my opinion. Soalnya saya belum tahu juga alasan aslinya atas pembuatan judul tersebut. 

Soal kaver, saya rasa pas banget. Dengan gambar seseorang yang tengah asyik mengetik di laptop, dengan pintu yang terbuka lebar, seolah mengatakan: “Sini-sini, silakan masuk, kami para blogger mau buka-bukaan cerita tentang perbloggingan.”. Lagi-lagi, it’s just my opinion :). Tapi sayangnya di kaver belakang kok nggak dikasih blurb, ya? Mungkin tujuannya biar bikin penasaran :). Hanya ada endorsment singkat dari blogger kondang juga, yaitu Rudi G. Aswan (atau mas Belalang Cerewet). 

Jadi buku ini merupakan buku antologi yang ditulis oleh 13 blogger, mulai dari yang kondang banget hingga lumayan kondang. Mereka adalah Abdul Cholik (Pakde Cholik), Ade Anita, Akhmad Muhaimin Azzet, Cii’ Yuniaty, Esti Sulistyawan, Hariyanto Wijoyo, Haya Aliya Zaki, Lianny Hendrawati, Nuzulul Arifin, Ririe Khayan, Sri Wahyuni, Suprihati, dan Susi Susindra. 

Sebagai blogger abal-abal dan kurang gaul, saya mengenal hampir semua blogger tersebut (hampir, ya, belum semuanya :) ). Beberapa blogger tersebut memang sangat terkenal dan kiprahnya sungguh saya kagumi di dunia perbloggingan. Sebut saja Pakde Cholik dan Mak Haya Aliya Zaki, siapa yang tak mengenal beliau berdua? 

Di dalam buku ini mereka bener-bener buka-bukaan tentang perbloggingan, dipandang dari sudut yang berbeda-beda. Misalnya Pakde Cholik yang mengupas tentang dampak blogger yang hiatus (istirahat dari ngeblog) terlalu lama, Mak Ade Anita yang menulis hubungan antara ngeblog dan menulis buku, Mak Haya Aliya Zaki yang berbicara tentang hobi menulis kuliner di blog yang berbuah sangat manis, Mak Lianny yang menulis tentang suka duka menjadi emak blogger, dan lain-lain. 

Uniknya, sekali lagi, saya merasa mereka memang bener-bener buka-bukaan. Misalnya Pakde Cholik yang berbicara mengenai blogger yang hiatus terlalu lama, banyak sekali sindiran dan juga nasehat yang dituliskan. Seperti cuplikan berikut ini: 
“Pakde pasti lupa sama saya, ya, maklum saya sudah lama tidak ngeblog lagi,” kata seorang sahabat yang bertemu pada suatu acara kopdar (kopi darat) akbar beberapa waktu yang lalu. “Dulu enggak begitu dekat, sekarang lupa,” begitu batin saya. 
Hehehe... ya memang begitulah sebenarnya :D 
Atau mas Akhmad Muhaimin Azzet yang menulis tentang ngeblog yang kian menguntungkan dengan merambah media massa cetak. Beliau memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai hal itu, juga sentilan bagi para penulis. 
“Bagaimana mungkin sebuah tulisan dikatakan sebagai tulisan yang baik apabila di alinea pertama saja ada kesalahan? Bagaimana mungkin seorang penulis disebut sebagai penulis yang baik apabila di alinea pertama saja ia bersikap ceroboh karena telah meninggalkan kesalahan?” 

Begitu pula penulis-penulis yang lain, mereka memberikan kritikan, tips, bahkan curhat secara terbuka dalam buku ini. Selain itu, saya juga menemukan blogger-blogger yang ternyata tulisannya sangat menarik dari segi bahasa dan menguntai kalimat dengan indah dan penuh makna. Ada beberapa blogger yang seperti itu dan ternyata saya baru mengenalnya. Siapa mereka? Ah, baca sendiri bukunya, dong :) Tapi saya cuplikkan sedikit, nih, hehehe.... 
“Blogosphere atau dunia blog bagaikan kawah chandradimuka di mana setiap pelakunya ditempa untuk lebih terampil dalam mengasah, meramu ide, dan kreatif menyajikannya serta pribadi yang humanis interaktif.” 

Oke oke, segitu saja kali yaa cuplikan tentang buku para blogger kondang(an) ini. Yang pasti, menurut saya, buku ini cocok banget dibaca oleh para blogger untuk menambah semangat ngeblog, juga pembaca non-blogger yang tertarik untuk ngeblog. Keren, lah, pokoknya :)


Tentang Buku: 
Judul Buku : Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an) 
Penulis : Abdul Cholik, dkk. 
Penerbit : Sixmidad 
Cetakan : Pertama, Juli 2014 
Tebal : 162 halaman 
ISBN : 978-602-70506-6-2





12 comments:

  1. Terima kasih reviewnya yang jujur dan mentes
    Mari kita terus ngeblog untuk berbagi ilmu dan pengalaman serta meningkatkan kualitas menulis.
    Luruskan niat : ngeblog sebagai ibadah.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Pakde. Setuju banget sama ajakan dan nasehat Pakde. Yap, ngeblog sebagai bagian dari ibadah. Insya Allah :)
      Salam kembali dari Sidoarjo.

      Delete
  2. Makasih reviewnya, Mak. Maksudnya kami blogger yang senang datang ke kondangan dan menyantap hidangan wkwkwk. *canda dink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mak Haya. hehehe.. bisa aja, ah :D
      maksudnya datang ke kondangan buat makan sekaligus nyari bahan buat postingan blog.
      *halah apa lagi ini :D

      Delete
  3. reviewnya asyik banget..trimakasih ya...mudah2an bisa kopdar rame-rame ala kondang-an,,,,,keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Pak Hariyanto. Saya memang lebih seneng nulis review yang santai gini, semau gue, hhehehe...
      aamiin... kapan yaa.. kepingin juga saya..

      Salam kembali dari SIdoarjo :)

      Delete
  4. Salam kenal, terima kasih Jeng Diah, reviewnya sungguh keren. Merupakan kebahagiaan tersendiri tulisan dibaca para sahabat dan bersanding dengan sahabat2 penulis beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... senengnya, akhirnya kenal juga dengan mbak Prih. Salam kenal kembali, Mbak :)
      Terima kasih, Mbak. Jujur saya kagum dengan gaya menulis njenengan. Enak dibaca dan berkualitas :)

      Delete
  5. Bisa nyempil diantara blogger2 kondang itu rasanya nano-nano haha.
    Reviewnya renyah mak.
    Apa kabar? Nggak nulis fiksi lagi mak? *aku juga jarang nulis fiksi skrg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya seneng, ya, Mak, berkumpul dengan sesama orang-orang kondang dengan hobi yang sama: ngeblog :)
      Makasih, Mak, kabar baik, sesekali masih ngefiksi. Kayak kemarin ikutan lomba FF anak, dan alhamdulillah kebagian juara juga *pamer ini :D

      Delete
  6. Belum pernah lihat bukunya, tapi sepertinya bagus ya. Pasti banyak blogger yang terbantu. Ngomong-ngomong, saya kenal dua di antaranya, lumayan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sekarang udah pernah kan liat bukunya, di gambar di atas itu? hehehe...
      bagus, sih.. bisa menambah wawasan tentang ngeblog :)
      eh, ngomong-ngomong, siapa tuh yang 2? :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law