Wednesday, 23 July 2014

[REVIEW] Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia






Seperti biasa, kalau ada pak pos atau pak kurir nganterin paket, Faiq seneng banget. Dan kali ini memang lagi-lagi dia yang beruntung :) Dia sibuk lari-lari ke depan rumah, trus buka isi paketnya, dan... taraaa!! Isinya buku seperti gambar di atas itu, judulnya: “Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia”. Jelaslah Faiq seneng banget :).

Ya, saya dapat kiriman buku ini dari penulisnya langsung, yaitu mbak Aisyah Fad. Gara-garanya, saya ikutan kuisnya mbak Aisyah di IIDN trus jadi salah satu dari 4 pemenang :) Hemm... udah berapa kali ya saya menang kuis di sana, hehehe.... Alhamdulillah. 

Back to topic, eh, buku :)
Jadi seperti judulnya, buku ini memang berisi kumpulan permainan anak tradisional dari seluruh Nusantara. Mungkin kita akan menemui nama permainan yang berbeda dari yang pernah kita dengar, tapi permainannya serupa. Ada permainan Damparan, Lompatan, Congklak/Dakon, Gobak Sodor, Patil Lele, dan masih banyak lagi. Total ada 99 jenis permainan yang tertulis dalam buku ini. Mulai dari permainan di dalam rumah, luar rumah, permainan untuk 17 Agustus-an, dan permainan Outbound dan Pramuka. 

Buku ini memang mengajak kita sebagai orangtua untuk mengenalkan kembali permainan tradisional anak Indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, zaman sekarang anak-anak lebih suka main game di komputer, laptop, tablet, ponsel, dan sejenisnya daripada main petak umpet, misalnya. Padahal tentu berbeda rasanya bermain game dengan bermain secara tatap muka langsung bersama teman-teman. Sedangkan Indonesia sendiri sebenarnya kaya akan permainan tradisional yang sangat bagus bagi perkembangan anak, melatih ketangkasan, kerjasama, kreativitas, dan lain-lain. 

Buku ini juga dilengkapi dengan tabulasi yang berisi tentang skill, ketangkasan, kepemimpinan, kreativitas, kerja sama, strategi, dan wawasan pada setiap permainan. Tak lupa tercantum keterangan tentang jumlah pemain, alat/bahan, lokasi, dan waktu bermain. 

Meski isinya tidak berwarna, namun buku ini menarik dengan adanya ilustrasi yang lucu di hampir setiap lembarnya. Jadi gambar anak-anak yang lagi bermain itu menghibur sekaligus menerangkan permainan-permainan yang dimaksud. 






Nah... seperti biasa pula, kalau dapet buku gitu Faiq langsung menyuruh saya membacakan. Karena buku ini berisi berbagai jenis permainan, maka saya ajak dia untuk mempraktekkan (bermain) permainan-permainan yang ditulis di dalamnya. Karena kami hanya berdua waktu itu, jadi kami memainkan permainan yang membutuhkan pemain 2 orang saja dan dengan alat-alat yang mudah didapat. Jadilah kami bermain “Sogok Ontong”, “Kancilan”, dan “Damparan” yang hanya memerlukan karet gelang dan kapur. Juga bermain “Lima Jadi” yang hanya butuh kertas dan pensil untuk memainkannya. 
Begitulah :)

Oiya, hari ini bertepatan dengan Hari Anak Nasional. So, selamat merayakannya dengan bermain-main bersama anak-anak kita. Mari isi masa kecil mereka dengan memanfaatkannya untuk bermain sambil belajar :)


Tentang Buku: 
Judul Buku : KUMPULAN PERMAINAN ANAK TRADISIONAL INDONESIA 
Penulis : Aisyah Fad 
ISBN : 978-979-788390-4 
Penerbit : CIF (Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup)) 
Cetakan : Pertama, April 2014 
Format Cover : Soft Cover 
Tebal : 156+iv Hlm 
Harga : Rp.44.000,00.



7 comments:

  1. penasaran deeh, pengen nistalgia masa kecil hehe, cari ah ntar kalo ke gramed :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. iya, Mak, bisa nostalgia kalo mainan kaya gini :)

      Delete
  2. Salam cubit gemas buat yang di foto itu ya Mbaaaak, aiiiiih lucunya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deeehhh Mbak Niar.... udah saya cubit gemes tuh pipinya :)))
      salam juga buat anak-anak mbak Niar :)

      Delete
  3. Sogok ontong yg gimn ya mak???hihi penadaran..
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lho Mak, mainnya pake karet gelang..
      jadi karetnya ditaruh di telapak tangan, trus dibalik ke punggung tangan, trus diayunkan ke atas, ntar ditangkap pake salah satu jari, entah telunjuk atau yang lain. terserah pemain lawan yang menentukan. karet yang nyangkut di jari ya itu yang jadi milik pemain, dst... hehehe...

      salam kenal kembali, Mak.. kalo saya udah lama "sok kenal" sama mak Hanna kok :D

      Delete
  4. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law