Sunday, 22 June 2014

Liebster Award: Jalin Persahabatan Sesama Blogger





Sebenarnya senang sekali rasanya ketika saya mendapat tongkat estafet The Liebster Award dari 3 teman blogger. Saya ingin segera memposting tentang award ini seperti teman-teman sebelumnya. Tapi karena beberapa waktu yang lalu saya disibukkan dengan menulis hal yang lain, jadi baru sekarang saya sempat menuliskannya.

Jujur, saya baru tahu tentang The Liebster Award ini, ya dari 3 teman blogger ini. Hehehe... Iya, pengetahuan saya tentang blog memang masih sangat minim, meski saya sudah hampir 2 tahun asyik menulis di blog. Setelah saya membaca 3 postingan teman blogger tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa award ini dibuat untuk mempererat tali silaturahim antar sesama blogger. Karena award ini dibuat secara berantai, yaitu dari satu blogger lalu “menyebarkannya” kepada 11 blogger lain, dan seterusnya. Jadi saya pun tertarik untuk ikut serta menuliskannya, karena teman blogger saya baru sedikit, hehe.... 

Nah, langsung saja, berikut syarat dari The Liebster Award: 
  1. Post tentang award ini di blog. 
  2. Ucapkan terima kasih kepada blogger yang mengenalkan pada award ini dengan menyertakan backlink ke blognya. 
  3. Ceritakan 11 hal tentang diri sendiri. 
  4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan. 
  5. Pilih 11 blogger lain dan berikan mereka 11 pertanyaan bebas tentang apapun yang ingin diketahui dari mereka. 
Baiklah, saya akan memenuhi syarat-syarat tersebut :)

Tentang The Liebster Award 
Apa dan bagaimana tentang award ini, sebagian sudah saya tulis di atas, dan selanjutnya seperti yang saya tulis secara keseluruhan di postingan ini :)

Ucapan Terima Kasih 
Siapakah 3 blogger yang saya maksud di atas? Mereka adalah mak Rebellina Santy, mbak Zaitun Hakimiah, dan mak Napitupulu Rodame. Saya mengucapkan banyak terima kasih karena melalui kalian saya telah mengenal award yang sebenarnya sudah sangat populer di kalangan para blogger ini. Semoga tali silaturahmi ini akan terus terjalin, ya :)

11 Hal Tentang Saya 
Entah apa namanya, saya ini memang suka menuliskan tentang diri sendiri :p meskipun hal-hal tentang diri saya mungkin sama sekali tidak menarik bagi orang lain :). Jadi, berikut ini dengan senang hati saya menuliskan 11 hal tentang saya, baik yang penting ataupun tak penting :D: 
  1. Nama lengkap saya Diah Kusumastuti, panggilannya Diah, nggak ada yang lain :) pernah sih dipanggil kak Deka oleh adik kelas kuliah saya dan sempat juga oleh beberapa teman blogger. 
  2. Lahir tanggal 2 Desember (du-de). Yak, sama dengan mas Dude Harlino yang cakep itu :D. trus apa hubungannya coba? Yaa... seneng aja kalau pas ultah banyak ucapan selamat untunya, jadi berasa diucapin juga. *???!!* *penyakit gila nomer berapa ya, ini?* *nanya sama pak cik Andrea Hirata* :D 
  3. Sebenarnya saya 3 bersaudara, tetapi sekarang tinggal 2 bersaudara, karena kakak sulung (perempuan) sudah meninggal waktu saya masih SMP. Jadilah sekarang tinggal berdua dengan kakak laki-laki. 
  4. Saat ini saya adalah seorang ibu bahagia bagi 2 anak saya, yaitu Ahmad Faiq A.A (4 tahun) dan Fahima D.S (2 bulan). 
  5. Saya pribadi yang introvet. Tertutup, pendiam, pemalu, sulit beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru. Tapi nggak tahu kenapa, ya, sejak ada sosmed saya kok jadi cerewet di sosmed, ya? Hehehe.... 
  6. Perfeksionis. Saya dikenal perfeksionis oleh orang-orang terdekat saya. Maunya ideal, hingga pada hal-hal yang sepele. Pernah dulu waktu saya kost bareng sahabat saya, baju saya yang digantung kesenggol olehnya hingga posisinya berubah kurang enak dipandang. Saya protes, dia gemes, dan setengah berteriak dia bilang, “Dasar perfeksionis!!” -_- 
  7. Suka sama warna coklat. Jadi baju-baju saya banyak yang warna coklat :). 
  8. Suka dengan angka sebelas. Iya, 11, sama dengan angka-angka pada award ini. Bukannya apa-apa, cuma saya merasa ada banyak hal manis yang berhubungan dengan angka 11 dalam hidup saya. Misalnya kisah cinta pertama (ihik) pada waktu saya SMP, yang berhubungan dengan nomer absen saya yang nomer 11 ;), dan masih banyak lagi :). 
  9. Kurus sepanjang usia. Hehe.. iya, saya orangnya kurus terus dari kecil hingga sekarang. Meski makannya banyak, meski sedang hamil, ya tetep aja kurus :) bahkan banyak orang yang baru tahu kalau saya hamil pas usia kehamilan sudah sekitar 7 bulan. 
  10. Suka menulis sejak kecil. Entah itu di buku diary, di buku kuliah, kadang juga di majalah yang sedang dibaca, dicoret-coret gitu :). 
  11. Ingin selalu dekat dengan anak-anak saya secara emosional hingga mereka dewasa nanti. Saya tak ingin mengulang kesalahan yang terjadi pada saya, yang kurang dekat dengan orangtua. 
Jawaban atas 11 Pertanyaan yang Diberikan 
Oke, karena mak Rebellina Santy yang pertama kali memberikan award ini (maaf ya Mak, kelamaan jawabnya), maka saya jawab lebih dulu 11 pertanyaan dari beliau: 
  1. Moment apa yang paling berkesan dalam hidupmu? Pernikahan. Ya wajar lah, itu moment yang paling sakral dalam hidup saya. Terharu waktu ijab qabul. 
  2. Saat me-time, apa yang kamu lakukan? Nyalakan komputer, nulis apa aja, sambil ngenet. Plus siap dengan air putih dan cemilan. 
  3. Apa yang sangat ingin kamu wariskan pada keturunanmu (anak-anak)? Hanya ilmu (agama dan dunia) yang saya bisa dan akhlak yang baik yang ingin saya wariskan pada mereka. Saya tak menjanjikan harta berupa uang, karena saya bukan orang yang beruang :). 
  4. Apa yang menjadi obsesi terbesarmu yang belum kamu capai saat ini? Nulis buku dan diterbitkan :). 
  5. Apa yang membuatmu tertarik ngeblog? Nulis di blog bagi saya seperti menulis diary. Suka-suka saya, tapi tentunya ada batas-batas tertentu. Setelah itu kadang ada yang baca. Asyik, kan? 
  6. Apa tujuanmu ngeblog? Sesuai judul blog saya, sekadar ingin berbagi cerita. Namun di balik cerita-cerita sederhana itu, saya berusaha menyisipkan hikmah di dalamnya. Saya ingin tulisan saya ada manfaatnya bagi pembaca :).
  7. Sebutkan satu postingan di blog ini yang menurut pendapatmu menarik/bermanfaat. Saya pernah membaca tulisan dengan judul “Yang Penting Bahagia...”. Saya suka itu, dan memang tulisan mbak Santy ini mencerahkan :). 
  8. Siapa orang yang paling dekat denganmu, tempat engkau berbagi hal yang paling rahasia dalam hidupmu? Pasti: suami :). Sebelum menikah saya tak pernah terbuka dengan siapapun, kecuali diary. Pun dengan orangtua saya, saya tak biasa terbuka dengan mereka. 
  9. Kejadian apa yang pernah membuatmu sangat kecewa, atau memalukan? Tak bisa tegas menolak pernyataan suka dari seorang lelaki, yang sebenarnya sudah jelas saya pantas menolaknya. Sudah berlalu, sih. Akibatnya dulu saya tak bisa menjauh darinya. Nyesel banget, plus memalukan. 
  10. Bila Tuhan memberikanmu kekayaan yang melimpah, apa yang engkau lakukan dengan waktu dan kekayaanmu? Memanfaatkannya untuk berbagi dengan sesama, untuk beribadah sesuai syari’at-Nya. Pengen haji dan menghajikan keluarga, pengen mendirikan panti asuhan, dll... 
  11. Apa yang paling kau benci dalam hidupmu? Diingkari janjinya. Sebel banget kalau dijanjiin sesuatu trus nggak ditepatin :).

Kedua, inilah jawaban dari pertanyaan mbak Zaitun Hakimiah
  1. Apa yang kamu sukai dari aktivitas ngeblog? Nulis postingan di blog, melihat tulisan saya sudah dipublish di sana, ada yang mampir di postingan tersebut, udah :). 
  2. Selain ngeblog, apa hobi kamu? Baca, ngenet, nulis selain yang di blog. 
  3. Apa cita-citamu waktu kecil? Apakah saat ini terwujud? Waktu kecil cita-cita saya berubah-ubah, tapi nggak jelas. Saya nggak pernah punya cita-cita yang pasti. Yang pasti adalah jadi orang yang berguna :D alhamdulillah sudah terwujud. Saya berguna minimal bagi suami dan anak-anak saya :). 
  4. Sebutkan tempat terindah yang pernah kamu kunjungi! Banyak, sih. Wisata alam selalu membuat saya takjub, betapa Allah telah menciptakannya dengan begitu indah! 
  5. Apa film kartun kesukaanmu? Kenapa menyukainya? Dulu waktu kecil saya suka nonton Donal Bebek. Kalau saat ini sukanya nonton Masha and The Bear bareng anak saya :D soalnya Masha-nya ngegemesin, trus beruangnya penyayang. Mereka berdua juga pinter :). 
  6. Jika kamu diberi kesempatan untuk menggunakan Pintu Kemana Saja milik Doraemon, kemana kamu akan pergi? Ke Makkah. Tempat impian yang utama adalah ke sana. Kapan yaaaa?? Tolong dong Doraemon :). 
  7. Sebutkan beberapa hal yang bisa membuatmu menangis! Anak sakit, nonton film yang mengharukan, baca kisah-kisah sedih, apa lagi yaa? Itu aja dulu :). 
  8. Apa yang kamu lakukan ketika sedih? Dzikir, wudhu, sholat, dan yang terakhir: tidur :). 
  9. Apa yang ingin kau capai/wujudkan di tahun ini? Tahun ini saya pengen banget punya sepeda motor sendiri, biar bisa antar jemput anak sekolah sendiri. 
  10. Lihat jawaban No. 5, apakah saat ini kamu masih suka menontonnya? Ya iyalah, masih suka nonton Masha. Anak saya juga nggak bosen tuh meski udah berulang kali nonton cerita yang sama :). 
  11. Jika kamu bisa terlahir kembali, kamu ingin jadi siapa? Kenapa? Saya nggak bisa mengandaikan. Saya syukuri apa adanya diri saya saat ini saja :). 

Yang terakhir, saya jawab 11 pertanyaan dari mak Napitupulu Rodame :) 
  1. Siapa nama panggilan akrabmu di dunia maya/blog? Baik di dunia nyata maupun dunia maya, nama panggilan saya sama: Diah. Ada juga sedikit yang manggil saya Deka :). 
  2. Siapa inspirasi terbesarmu buat nulis dan ngeblog? Inspirasi terbesar dalam menulis adalah pak cik Andrea Hirata, penulis Tetralogi Laskar Pelangi. Kalau ngeblog, dulu mulai ngeblog karena pengen aja sih, yang menginspirasi ya semua temen yang ngeblog. Tapi belakangan saya kagum sama Pakdhe Cholik dan mbak Hani Rohani Syawaliyah, soalnya mereka ngeblognya rutin :). 
  3. Apa inspirasi terbesarmu untuk jadi penulis atau blogger bermanfaat? Karena saya seorang yang introvet, nggak pinter ngomong pula, saya ingin membagi cerita-cerita, pengalaman hidup, dan mungkin ilmu yang saya punya kepada orang lain melalui tulisan. Saya ingin tulisan saya baik yang di blog atau artikel-artikel lain, atau mungkin suatu saat melalui buku, bermanfaat bagi banyak orang. 
  4. Pernahkah berpikir untuk berhenti menulis atau ngeblog? Sejauh ini nggak pernah sekalipun mempunyai pikiran itu. Saya ingin terus menulis selama saya masih bisa menulis :). 
  5. Pernah dengar istilah Blog sampah atau blog nyampah? Pernah, sih. Pernah liat pula pas lagi nyari artikel. Sebel banget pas nemu blog sampah gitu. 
  6. Apa pandanganmu tentang blog sampah alias blog yang diisi cuma untuk naikin traffic blog tanpa mementingkan kualitas/isi blog? Nyebelin banget. Dia nulis di blog bukan untuk menyebar manfaat bagi orang lain, tapi cuma nyari keuntungan pribadi. Dia mengecewakan orang-orang yang membutuhkan apa yang dicari. 
  7. Bagian apa yang terpenting dari sebuah blog? Kalau menurut saya, ya isinya (tulisan atau produk yang dijual kalau itu blog untuk jualan). Karena saya berkunjung ke sebuah blog itu mau nyari ilmu baru, pengetahuan baru, melihat produk, atau sekadar cerita yang mencerahkan dan menyegarkan pikiran. Saya pun ngeblog (sejauh ini) juga hanya mementingkan tulisan saja :) sedangkan tampilan blog “nggak nyeni blas” :D. 
  8. Kenapa isi blog harus menarik? Biar pembaca betah membaca tulisan dari awal hingga akhir, atau melihat-lihat produk yang ditawarkan. 
  9. Hal yang belum tercapai dalam hidupmu? Sebenernya banyak, sih, yang belum tercapai, banyak banget. Pengen kaya sehingga bisa membahagiakan anak-anak dan keluarga, bisa menyekolahkan anak-anak di sekolah terbaik, bisa bersedekah lebih banyak, de el el... Tapi yang paling diinginkan, ya, naik haji :). 
  10. Apa impian terbesarmu yang menurutmu sulit diraih? Menulis buku. Mimpi itu sudah lama, setidaknya 2 tahun terakhir ini. Tapi ya cuma omdo, nggak ada usaha yang sungguh-sungguh untuk mewujudkan. Jadilah nggak tercapai-tercapai :). 
  11. Siapa blogger favoritmu? Banyak, sih. Nggak ada yang bener-bener difavoritin, karena pergaulan saya di dunia blogging belum cukup luas. Tapi saya salut sama blogger yang rajin ngeblog, seperti Pakdhe Cholik dan mbak Hani Rohani Syawaliyah :). 

11 Blogger yang Saya Pilih beserta Pertanyaannya 
Dan inilah 11 blogger yang saya pilih untuk meneruskan tongkat estafet The Liebster Award dari saya: 
  1. Jiah Al Jafara 
  2. Rini Uzegan
  3. Na Fatwaningrum 
  4. Rini Bee 
  5. Siti Maryamah 
  6. Luluk Ubaidah 
  7. Astin Astanti 
  8. Tinanic Azrialdi 
  9. Sri Rahayu 
  10. Susanti Dewi 
  11. Hana Sugiharti
11 pertanyaan dari saya untuk kalian yang mesti kalian jawab di blog masing-masing adalah sebagai berikut: 
  1. Sejak kapan kalian ngeblog? 
  2. Lebih suka menulis apa di blog? 
  3. Punya berapa blog dan berisi tentang apa saja? 
  4. Bagi yang suka ikut kontes blog, kenapa kalian suka? Tema apa yang paling kalian sukai dalam kontes blog? 
  5. Menurut kalian, gimana sih blogger yang nggak rajin blogwalking itu? 
  6. Menurut kalian, apakah tampilan dan isi blog mencerminkan kepribadian si empunya blog? 
  7. Kalau ada kesempatan kopdar, siapa blogger yang paling kalian inginkan untuk bertemu? 
  8. Ciri fisik apa yang paling menonjol dari diri kalian sehingga mudah dikenal orang lain? 
  9. Sebutkan sifat positif dan negatif yang ada pada diri kalian. 
  10. Siapa orang yang mendukungmu secara penuh dalam setiap langkah hidup dan atau karya-karya kalian selama ini? 
  11. Apa saja cita-cita atau keinginan yang belum tercapai hingga saat ini? 

Itulah 11 pertanyaan dari saya, silakan dijawab secara santai dan feel free. Semoga tidak membebani, ya. 
Terima kasih dan happy blogging! 


13 comments:

  1. makasih mak, peernya banyak juga ya tp semua diselesaikan dengan baik, oke banget. iya di dunia blog itu intinya tulisannya bermanfaat ya mak :) happy blogging untuk jadi penulis buku-nya saya doain semoga segera terwujud aamiin ya rabbal alamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir di sini, Mak. Ada yang lebih banyak kan ya dari peer saya ini :)
      iya, paling penting ya tulisannya yang bermanfaat, buat apa dipublish kalo nyampah doang, hehe..
      aamiin.. makasih doanya, Mak..

      Delete
  2. Yay..sepertinya kita tipe orang yg sama mak..
    Introvet dan lebih suka ngoceh di sosmed..
    Yg penting selalu berusaha mnjadi orang yg bermanfaat yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, ya? iya sih ya, kalo aku baca judul blog mbak Zaitun tuh udah meraba-raba kalo dirimu orang yang pendiam :)
      sip, yang penting selalu berusaha menjadi orang yang bermanfaat :)

      Delete
  3. makasih lho mak udah dikasih. Aq ngerjainnya entar ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. santai aja, Jiah. Aku ini dapet dari mak Santy udah sekitar satu bulan yang lalu, baru kukerjain :D

      Delete
  4. hihihi..makasi mak Diah Kusumastuti udah dikenalkan dengan award ini. walau masih bingung tapi saya coba ngerjakan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. maaf ya Mbak kalo merepotkan. tapi semoga enjoy aja, ya, gak terbebani :)

      Delete
  5. maaf baru bisa komen nih Mak. dari kemaren enggak bisa-bisa masuk komennya. makasihya sudah dijawab tongkat estafetnya. jadi semakin mengenal dirimu. inilah gunanya silaturhami walau lewat blog ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... gak apa-apa, Mak.. maaafff banget ya hampir sebulan baru dijawab :)
      iya sama, saya juga jadi lebih mengenal mak Santy :)

      Delete
  6. terimakasih bos buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. mantap mas infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  8. makasih gan infonya dan sangat menarik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law