Saturday, 25 May 2013

Ngeblog Membuatku Semangat Menulis


credit


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh. Dengan tema: Seandainya Saya Tidak Ngeblog. Sebelumnya mohon maaf karena aku mengganti kata ganti “saya” menjadi “aku” karena aku ingin konsisten menggunakan kata ganti tersebut dari awal hingga akhir kompetisi ini. Tujuanku tidak lain adalah agar terasa akrab saja dengan teman-teman sesama kompetitor ataupun teman-teman pembaca lainnya :)


Di dunia ngeblog aku adalah anak bawang, karena aku baru mulai ngeblog pada akhir tahun 2012 lalu. Tepatnya di bulan Oktober 2012. Sebelumnya memang aku sangat ingin mempunyai blog. Rasanya mupeng lihat blog teman-teman yang bagus-bagus, banyak artikel di dalamnya. Aku pengin banget bisa seperti mereka. Alhamdulillah di grup menulis facebook (Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN)) aku mengenal salah seorang teman yang baik hati, namanya mbak Lita Alifah. Dia mempunyai beberapa blog, dan karena dia memang dulu kuliahnya di jurusan teknologi informasi. Lalu aku pun mengutarakan keinginanku tersebut. Dan, wow, dia menyambut dengan senang hati. Di grup IIDN tersebut dia juga mengampu kelas ngeblog. Jadi aku bisa belajar sepuasnya tentang blog kepadanya, baik di kelas ngeblog maupun melalui jalur pribadi (inbox fb, hehehe...).

Aku pun mulai mengisi blog ku dengan beberapa tulisan ringan. Lalu di awal tahun 2013 aku mulai memberanikan diri untuk mengikuti lomba menulis dengan media blog. Dan pertama kali mengikuti kontes blog itu rasanya seneng banget, antara deg-degan dan rasa pengin tahu yang dalam. Bagaimana cara me-link-kan sebuah kata/kalimat, bagaimana memasang image, dan lain-lain. Kadang tertawa sendiri, keringetan, bingung tanya-tanya ke mbak Lita atau temen-temen lain, dan sebagainya. Dan aku... mulai jatuh cinta ngeblog pada saat itu!

Dan bisa ditebak, aku makin rajin menulis di blog walau hanya tulisan-tulisan ringan dan mencoba mengikuti beberapa kontes blog (meski belum ada yang menang sekali pun sampai sekarang :) ). Rasanya seminggu tanpa posting tulisan di blog itu ada sesuatu yang kurang. Dan dari aktivitas ngeblog itu bila dikaitkan dengan tema minggu ketujuh dari 8 Minggu Ngeblog, aku bisa sedikit menyimpulkan, seandainya aku tidak ngeblog.....

Aku Kurang Bersemangat Menulis 

Bagiku blog merupakan media menulis ternyaman. Dia kuanggap seperti diary, aku bisa mencurahkan perasaan dan ide-ide di kepalaku ke dalamnya (meski ada batasan-batasan tertentu yang membuat kita tak bisa sebebas-bebasnya menulis seperti di dalam diary tentunya).

Sebelum punya blog aku kurang bersemangat menulis, soalnya bingung mau menulis apa. Dan bila tulisan sudah selesai dan hanya disimpan di komputer, rasanya kurang asyik. Beda apabila tulisan itu aku posting di blog. Ada yang membaca meski sedikit, dan tak jarang ada yang berkenan meninggalkan komentarnya. Itu sangat membuat hatiku tersenyum gembira. Dengan aktivitas ngeblog seperti itu, semangatku untuk menulis terus terjaga.

Tak Mengenal Banyak Blog 

Ngeblog membuatku mengenal dan lebih dekat dengan blog teman-teman. Bagaimana tidak? Bila ada yang meninggalkan komentar di postinganku, akupun ingin berkunjung balik ke blog mereka (blog walking/BW). Begitu juga apabila ada yang share link artikel blog di grup facebook atau twitter, aku bisa BW dan berkomentar ria di sana. Rasanya senang bisa jalan-jalan ke blog teman. Aku bisa belajar banyak dari mereka; tentang model blognya, tentang artikel-artikelnya, dan lain-lain. Coba kalau aku tidak ngeblog, mungkin aku tak akan mengenal banyak blog. Mungkin hanya sekadar mampir saja di blog teman-teman, tanpa mengenal lebih dekat pada pemiliknya.

Tak Bisa Mengikuti Berbagai Kontes Blog 

Seandainya aku tidak ngeblog, mana bisa aku mengikuti berbagai kontes blog? Sekarang ini banyak lomba menulis dengan media blog, termasuk kompetisi 8 Minggu Ngeblog yang diselenggarakan oleh Anging Mammiri ini. Dan otomatis mengharuskan para peserta untuk mempunyai blog, dong... Dan dengan mengikuti kontes-kontes blog itu aku bisa belajar banyak dari beberapa aspek. Mulai dari pernak-pernik ngeblog hingga konten yang aku tulis. Dari kontes ngeblog pengetahuanku bertambah seiring dengan tema-tema kontes yang harus aku tulis. 

Tak Bisa Bergabung dengan Komunitas Blogger
Selain mengikuti berbagai kontes blog, saat ini aku juga suka mengikuti tantangan menulis flash fiction di grup Monday FlashFiction. Mengikuti tantangan-tantangan menulis semacam itu dapat melatih kecakapanku dalam menulis. Seandainya aku tidak ngeblog, tentu aku tak dapat berpartisipasi di dalamnya, karena syaratnya harus punya blog. Begitu juga aku bisa gabung di komunitas-komunitas menulis yang mengandalkan media blog, seperti Warung Blogger ataupun Kumpulan Emak2 Blogger. Bergabung di dalamnya membuat wawasanku tentang ngeblog semakin bertambah, dan tentunya bertambah pula teman-teman sesama blogger.

Pengetahuanku Tentang Dunia Menulis Sangat Terbatas 

Dunia ngeblog itu tidak terbatas. Mungkin ada jutaan blog di dunia maya dengan beragam kontennya. Dari sastra, kuliner, teknologi, agama, dan lain-lain. Pengetahuan apa pun bisa kita dapatkan dari blog, termasuk soal dunia menulis. Menulis adalah hobiku, maka aku pun ingin bisa menulis dengan baik dengan konten yang baik pula. Dari aktivitas ngeblog aku bisa belajar menulis yang baik melalui BW. 

Itulah beberapa poin yang bisa aku sampaikan seandainya aku tidak ngeblog. Paling tidak, sejauh ini begitulah yang aku rasakan :)





19 comments:

  1. ahh kerennn!!
    ajarin ngeblog donk!
    bener2 saya juga jadi seneng ngeblog, apalgi kalo ie numpuk di kepala!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak Aisah :) ayo belajar lagi sama temen-temen, bisa inbox-inboxan kalo mau belajar, Mbak..
      hehhe.. apalagi kalo ide numpuk di kepala, tambah semangat dong nulisnya :)

      Delete
  2. mantap mbak Diah :)
    keepblogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak Rahmah :)
      Mbak termasuk salah satu guru ngeblog saya, dan pengin belajar lebih banyak lagi tentang ngeblog sama Mbak :)

      Delete
  3. terus smangat ngeblog mba ya :)...

    ReplyDelete
  4. tenang mba, aq aja baru ngeblog bulan lalu. Nidah keren banget kok.semangatttttt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... ternyata banyak temennya ya.. ayo semangat ngeblog... asyik kok ternyata :)
      makasih, Mbak atas kunjungannya :)

      Delete
  5. sama kok, aku juga anak bawang yg ketuaan, ngeblog 2009 tp aktif di 2013, ngiiikkkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. Mbak Aty ternyata juga sama dengan saya. Mari kembali ngeblog, Mbak :D

      Delete
  6. salam kenal Bun..., folbek ya, makasih *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali.... ntar yah, inetnya lagi lola banget, nih :)

      Delete
  7. Benar mbak, saya juga semangat menulis gara2 blog. Dulu tahun 2006 - 2009 pernah ngeblog tapi tersendat2 karena gak ada akses internet sendiri. Jadinya cuma sesekali menulis, disimpan di hardisk sampai2 ada bbrp tulisan yang hilang. Kalo ada blog dan akses inet sendiri kan bisa langsung posting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya, Mbak. sekarang fasilitas mudah didapatkan. jadi semakin mempermudah kita buat nulis-nulis, terutama ngeblog :) semakin semangat juga dong nulisnya :)

      Delete
  8. bener bangeeeet :) soalnya mau diisi apa lagi blognya kalau bukan dengan tulisan. jadi, mau gak mau kudu terus semangat nulis ^^
    cara memperbaiki tulisan kita juga dengan ngeblog. memang, BW membuat kita mengenal karakter tulisan orang lain. mana yg menarik, mana yang kurang menarik, bisa kita pelajari ^^

    siip, terus semangat ngeblog!

    salam manis,
    arga litha

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, Mbak suntikan semangatnya :) saya juga belajar dari Mbak Arga Litha yang produktif. pengen juga seproduktif Mbak :)

      salam manis kembali :)

      Delete
  9. Saya juga masih bau kencur kok mbak di jagad perblog-an. ngeblog memang sesuatu ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ketemu temen newbie lagi, hehhe... emang bener, Mbak. ngeblog emang sesuatu, yah :)

      Delete
  10. aku punya blog tapi bingung mau nulis apa hehhee...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law