Thursday, 30 May 2013

IIDN, Komunitas Menulis yang "Ibu-ibu Bangeeeetttt..."


Aku merasa nyaman berada di dalam komunitas ini. Sejak pertama kali aku tergabung di dalamnya, aku menemukan sesuatu yang terus membuatku bersemangat. Ya, bersemangat dalam menulis. Tahukah Anda seperti apakah komunitas yang kumaksud? Di bawah ini akan kuceritakan pengalamanku bergabung dengan komunitas yang dari awal hingga kini selalu kucintai. Tetapi baiklah, just for info, tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.

Di komunitas ini -sekali lagi- aku merasa nyaman sekali. Ini komunitas menulis yang pertama kali kuikuti, dan aku langsung jatuh cinta kepadanya. Meskipun ini adalah komunitas di dunia maya (facebook) namun aku merasa seperti berada di dalam dunia nyata. Hubunganku dengan beberapa anggota dengan seringnya ber-inbox-ria, saling menyapa di dalam komunitas, menjadikanku merasa sangat mengenal mereka (meski aku juga sudah beberapa kali kopdar dengan sebagian kecil dari mereka).

Dialah komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis – Interaktif atau biasa disingkat IIDN. Komunitas ini didirikan untuk mengajak ibu-ibu yang gemar menulis agar bisa menulis dengan baik dan bisa berkarya di tengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Aktif, kreatif, dan produktif adalah 3 kata yang menjadi tag-line IIDN, agar para ibu tetap bersemangat dalam berkarya melalui tulisan tanpa harus meninggalkan kewajibannya sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya.

IIDN didirikan oleh Indari Mastuti, seorang penulis yang juga pendiri agensi naskah Indscript Creative. Dengan dibantu oleh seorang Marketing Communication, Lygia Pecanduhujan, dan beberapa pengurus serta Koordinator Wilayah di seluruh Indonesia dan beberapa negara di luar negeri, komunitas yang didirikan pada tanggal 24 Mei 2010 ini kini telah mempunyai lebih dari 6.000 anggota. Ya, semuanya ibu-ibu. Hebat sekali menurut saya. Karena anggota yang aktif setiap harinya juga sangat banyak di antara jumlah itu. Selain itu, IIDN juga telah menelurkan ratusan buku dari anggotanya, juga tulisan/artikel-artikel yang tersebar di berbagai media massa.

Aku sendiri, baru bergabung dengan komunitas ini di akhir tahun 2012, tepatnya di bulan Agustus 2012. Belum ada setahun. Namun aku sudah banyak mendapatkan manfaat darinya. Mulai dari semangat menulis, mengenal ibu-ibu hebat, kemajuan dalam hal penulisan (misalnya sesuai EYD), keberanian untuk mengikuti lomba-lomba menulis, bisa ngeblog seperti yang saat ini kukerjakan, dan masih banyak lagi manfaat yang kudapatkan, baik yang kasat mata maupun tidak.

Semangat menulis kudapatkan di komunitas ini ketika ada banyak anggota yang menuai prestasi. Seperti artikelnya dimuat di media massa, menang lomba menulis, menang kontes blog, atau bahkan menelurkan buku baru. Wah, rasanya ingin sekali seperti mereka! Rasanya ingin sekali tulisanku bermanfaat bagi khalayak ramai. Tetapi memang semua itu butuh proses. Dan aku sampai saat ini belum bisa seperti mereka. Namun apapun yang terjadi aku tetap semangat untuk menulis, aku nikmati saja. Entah esok aku akan bisa seperti mereka atau tidak.

Ada banyak kelas online yang diadakan di komunitas ini. Ada kelas EYD, kelas parenting, kelas ngeblog, kelas desain, kelas memasak, bedah rumah (arsitektur), dan lain-lain. Ini yang aku suka: online. Jadi aku tak perlu repot-repot membawa anakku yang masih balita ke dalam kelas menulis. Tak ada yang protes atau menatap sebal ketika anakku menangis ketika aku mengikuti kelas. Aku pun bisa mengikutinya sembari makan, memasak, mencuci baju, membuatkan susu untuk anak, menyuapinya, dan seabreg kegitan ibu rumah tangga yang aku jalani setiap hari. Tak perlu biaya transportasi untuk berkumpul dengan guru dan teman-teman sekelas. Tak perlu berpanas-panas ria dan berjibaku dengan kemacetan di jalan raya. Ah, aku merasakan beruntung sekali mengikuti kelas-kelas online di IIDN secara gratis!

Iya, IIDN tak pernah memungut biaya untuk mengikuti kelas online yang diadakan hampir full dalam seminggu (kecuali pelatihan-pelatihan besar seperti pelatihan menulis buku). Dalam acara kopdar pun IIDN tak pernah membebani anggotanya dengan iuran tertentu. Intinya, IIDN hanya ingin mendidik ibu-ibu yang gemar menulis agar bisa menulis dengan baik, bisa berkarya melalui tulisan, meskipun dia “hanya” seorang ibu rumah tangga, yang setiap harinya mengurus anak di rumah.

Oiya, satu hal lagi, mengapa aku merasa nyaman sekali di komunitas ini. Karena komunitas ini “ibu-ibu bangeeeettt”. Hehehe... Maksudnya aku bisa “bebas” berekspresi di dalamnya, karena memang semua anggotanya ibu-ibu (meski ada beberapa bapak-bapak sebagai pengurus yang jumlahnya tak lebih dari jumlah jari tangan). Kami juga terbiasa berkomentar dengan santun, karena kami adalah ibu-ibu, pendidik bagi anak-anak. Tak ada saling hina, tak ada kata-kata kasar. Itu merupakan nilai plus tersendiri. Selain itu, ketika kopdar yang tentunya juga dengan tujuan menimba ilmu, aku tak sungkan-sungkan membawa anakku. Ibu-ibu yang lain pun begitu. Ketika anak-anak itu ada yang rewel, berisik, atau bahkan menangis, kami malah tersenyum. Ya, kami memang ibu-ibu. Begitulah keseharian kami. 




Acara-acara kopdar kami yang santai namun tetap bertabur ilmu :)

  
Dari ceritaku di atas, menurutku, komunitas yang ideal setidaknya mempunyai ciri-ciri:
  • Visi dan misi benar-benar dijalankan oleh seluruh elemen komunitas, baik itu pengurus maupun anggota.
  • Komunitas menjadi tempat untuk saling support, berbagi, mengingatkan pada kebaikan dan kemajuan bersama.
  • Komunitas menjadi wadah yang nyaman bagi anggotanya. Setidaknya itu bisa dilihat dari komentar-komentar para anggota.
  • Memberikan manfaat yang banyak bagi anggotanya.
  • Dapat memberikan output yang bagus dari anggotanya. 
 Demikian sementara yang dapat aku tuliskan mengenai komunitas ideal :)



 



Note: tulisan ini juga kupersembahkan untuk kado milad IIDN yang ke-3 :)
HAPPY MILAD, IIDN... GO AHEAD. BE MOTIVATION, BE INSPIRATION!


18 comments:

  1. Ibu-ibunya awet muda ya....suit suit... #eh... awas sang suami baca, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe... salah satu tujuan saya terus menulis agar pikiran awet muda, ga mikir yang aneh-aneh :) jadi ya alhamdulillah saya ketemu komunitas menulis buat ibu-ibu yang penuh semangat ini :)
      #awas, saya laporin suami loh :D

      Delete
  2. iyaaa setuju banget! saya juga terdaftar di sana (walau pasif >.<)
    komunitas ini kece abiiiissss, dari sini saya belajar banyak hal. selain nulis, saya jadi ketularan semangat para ibu yang hebat2 ini ^^ Mulai belajar tentang bagaimana jadi ibu-hebat!

    tetap semangat ngeblog yaaa_
    Salam manis,
    Arga Litha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe.. iya saya inget kok Mbak Arga Litha ini dulu masih lumayan sering posting di IIDN, tapi sekarang udah ga pernah :) udah sibuk dengan grup lain mungkin yaa :)
      iya yang penting semangat nulisnya biar tetep terjaga, ya salah satunya gabung di komunitas nulis yang sesuai.

      makasih ya Mbak atas supportnya :)

      Delete
  3. Salut dengan Ibu-ibu muda, yang masih punya seabrek kesibukan positif, di luar tanggung jawab utamanya sebagai ibu dan istri. Semangat terus Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengisi kejenuhan, Mbak :) selain juga agar otak selalu bekerja, biar encer, ga mandeg mikirnya. plus biar tambah pinter :)
      makasih atas supportnya, Mbak...

      Delete
  4. keren mbak...
    btw, kapan kopdaran lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mbak Luluk.. Hehe.. Kapan ya? Iya pengen lebih mengenal mbak Luluk lagi :-)

      Delete
  5. PELUANG USAHA
    semoga bermanfaat...

    Miliki sekarang juga DVD Kreasi Usaha yang berisi 400 lebih template untuk stiker label nama anak, disertai juga frame photo, wallpaper, backgroun dan bonus menarik lainnya berupa software2 yang dapat membuat anda sudah dapat membuka usaha mini digital printing dirumah.

    Boleh di coba....peluang usaha yang dapat dikerjakan dari rumah atau darimana saja dan oleh siapapun...

    Yang sedang mencari dan menunggu panggilan kerja........bisa
    Ibu Rumah Tangga ..........bisa.
    Mahasiswa/i.....................bisa
    Anak sekolahan.................bisa
    Pengangguran...................bisa,...bangeet...
    Anggota Karang Taruna......bisa
    Penjaga Warnet..................bisa

    Hanya dengan bermodal dan memaksimalkan manfaat fungsi Komputer/ Laptop dan Printer rumahan ataupun toko atau warnet Anda.

    Proses mudah, semua dipaparkan didalam DVD ini
    pangsa pasar masih sangat luas....bangeet....

    Selebihnya....???
    kemauan,
    kerja keras, dan
    do'a

    Harga istimewa saat ini hanya Rp. 80.000,-/ DVD (sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia).
    Ayo pesan sekarang juga.

    Mungkin info ini tidak/ belum bermanfaat untuk Agan dan Aganita (Mas dan Mba), semoga bisa bermanfaat untuk saudara kita yang lain disekitar kita....

    Pelajari lebih lanjut disini Brother Agan...:

    http://rairenzo-corp.blogspot.com/2013/04/blog-post_27.html#more

    ReplyDelete
  6. maaf bu,cara gabungnya di iidn gmn ya??saya ibu2 yang lagi baru belajar nge-blog.masih awam bgt dunia tulis-menulis padahal saya seneng nulis n curhat di diary,,he..tolong bantu saya ya utk gabung disini.
    kunjungi blog saya ya,,dan mohon sarannya.
    www.alikanurfatiha.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik saja link ini Bu: https://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/
      trus klik join/gabung. sudah deh, bu Alika bisa belajar menulis bareng ibu-ibu yang lain di sana :)
      semoga bermanfaat ya Bu...

      Delete
  7. Alhamdulillah udh terdaftar mba diah...makasih banyak ya..tapi yg kebuka dashboard nya tho?pake bahasa inggris pula,jadi saya masih meraba-raba..he..he..kaya org buta az..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum di-approve/diterima, Bu :) insya Allah akan segera di-approve oleh adminnya...

      Delete
  8. Tulisannya Sangat Bermanfaat, dan Sangat Komplit, Sukses Selalu

    Salam
    http://rajagrosirkosmetik.com/
    081.946.330.746 (XL)
    0838.11.2525.24 (Axis)
    081.2323.26.994 (Tsel)

    ReplyDelete
  9. bunda, bantu share ke ibu-ibu muda di komunitas dong :) olshopku lagi ngadain kontes foto baby, diramein yuk bun. penjelasan lebih lengkap bisa cek di https://www.facebook.com/notes/koleksi-unik-echa/kontes-foto-baby-with-echas-tutupants/218891091601010

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gabung dulu aja bu di IIDN, trus coba share info kontesnya di sana :)
      soalnya yang saya tahu kalau promo/jualan di IIDN ga boleh.. ga tau lagi ya kalo kontes foto yang diadain olshop..
      maaf ya mbak.. :)

      Delete
  10. Cara gabungnya gimana yha bu...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik aja link ini mbak: https://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/
      trus join aja. tunggu diapprove ya :) semoga membantu...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law