Thursday, 28 February 2013

Veronica Ratna Ningrum dan Dunia Marketing


Siapakah Veronica Ratna Ningrum? Apakah Anda sudah pernah mendengar nama itu? Mungkin melalui media massa seperti televisi, koran, atau mungkin juga internet? Kalau belum, mari kita berkenalan dengannya :)




dari sini


Veronica adalah sosok yang sangat dekat dengan dunia bisnis. Sebenarnya dia tidak asing dengan dunia bisnis sejak lama. Sebelum menjadi konsultan marketing independen, dia pernah bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, event organizer, televisi, rumah sakit, dan sejumlah perusahaan asing lainnya.
 
Sebelum lebih jauh mengenal Veronica, tulisan ini diketengahkan dalam rangka membranding Veronica Ratna Ningrum untuk Personal Branding Agency dari Indscript Creative. Karena Veronica danggap sebagai figur yang patut dijadikan inspirasi khususnya dalam hal ini di bidang bisnis.  

Veronica dikenal sebagai pribadi yang ulet, pekerja keras, sukses dalam bisnis, dan mempunyai banyak teman. Dengan kemampuan marketingnya yang mumpuni sehingga dikenal sebagai konsultan marketing, ide-idenya begitu kreatif dan cenderung cepat dalam mengerjakan sesuatu.
 
Pengalamannya bekerja di sejumlah sektor yang dekat dengan dunia finansial, bisnis dan servis, mengantar Veronica bertemu dengan pemilik bisnis Vey Catering. Pemilik Vey Catering memintanya menjadi konsultan untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Veronica memutuskan untuk menerimanya, dan dia sukses mengantar Vey Catering berjaya di dunia bisnis katering yang sarat persaingan.

Setelah kesuksesannya tersebut, Veronica jatuh hati pada bidang konsultan marketing, dan memutuskan melanjutkan karir ke dunia tersebut. Dia merasa bahwa marketing adalah pekerjaan yang sangat menantang. Terutama karena pengalamannya di dunia perbankan, yang sangat menunjang dan terkait erat dengan bidang baru yang ditekuninya. 

Demikianlah, akhirnya Veronica melompati jalur; dari yang semula sebagai karyawan, menjadi pebisnis mandiri sebagai konsultan marketing.
Veronica adalah tipe orang yang tidak pernah berhenti menimba ilmu dan pengalaman baru. Dia terus berimprovisasi untuk meningkatkan kualitas layanannya kepada setiap customer, dengan berbekal pengalaman dan wawasannya dalam sektor bisnis. Dia memanfaatkan jaringan kolega dan networking yang telah dimilikinya, untuk menambah pengetahuan serta memperluas relasi dengan klien.

Sebagian besar kliennya di sektor jasa Konsultan Marketing yang sudah tiga tahun ditekuninya ini, memang tidak jauh dari dunia perbankan. Dia memiliki sejumlah klien loyal dari bank lokal serta bank luar, yang dibantunya untuk mengembangkan program acquisition, program redemption, loyalty rewards bagi customer, dan program lainnya. Semua program tersebut dirancangnya secara unik, beda, dan menjadikan setiap bank tersebut memiliki program yang khas.

Ibu satu anak yang masih tetap langsing ini ternyata juga memiliki hobi traveling. Bali, Amerika, dan Asia, adalah kawasan yang menjadi pilihannya untuk berlibur sekaligus melihat dunia bisnis dari kacamata yang berbeda. Dengan cara itu, rasa dahaganya terhadap ilmu bisnis menjadi terpuaskan. Selain traveling, Veronica juga hobi membaca. “Dari hobi itulah, saya bisa menyerap banyak ilmu dan mendapatkan ide untuk terus berkembang,” ujarnya dengan mata berbinar.

Dia juga hobi menyanyi, menyukai warna hitam dan jam tangan. Tokoh idolanya pun bukan orang terkenal, melainkan ayahnya sendiri. Slogannya pun amat sederhana, yaitu berdoa dan berusaha. Selain sebagai konsultan dengan klien dari kalangan perbankan dan beberapa pebisnis lainnya, ia juga memiliki usaha katering yang telah dijalaninya selama 3 (tahun) ini. 



"Berikan yang unik dan berkesan bagi customer Anda. Setiap customer adalah raja, dan raja selayaknya mendapatkan layanan terbaik." (Veronica Ratna Ningrum)


Kiat sukses Veronica dalam jasa Konsultan Marketing adalah dengan benar-benar menempatkan customer sebagai raja. Dia senantiasa berusaha memberikan pengalaman serta kesan berbeda bagi setiap customer-nya. Dia menjadi sahabat, sekaligus pendengar yang baik bagi klien. Dia tidak pernah segan berbagi inspirasi dan ilmu bagi mereka yang ingin terjun di dunia bisnis. Targetnya adalah menyebarkan seluas mungkin setiap ilmu yang dia miliki di bidang marketing.

Veronica yang terjun di bidang bisnis sejak tahun 2006 ini, memberikan pelayanan “one stop service” kepada kliennya, sehingga mereka tidak perlu bersusah-payah melakukan eksekusi pada setiap konsep yang dia tawarkan. Veronica memiliki tim handal untuk menjalankan semuanya, dan klien hanya tinggal mendapatkan laporan pelaksanaan serta eksekusi konsep darinya.

Sejak kecil, Veronica sudah mencanangkan mimpi yang sangat tinggi, yakni menjadi pengusaha sukses dan ternama. Baginya, sukses bukanlah hal yang dicapai karena latar belakang ekonomi keluarga, namun lebih karena ketekunan, disiplin, tidak mudah menyerah, terus belajar, dan berdoa. Anak bungsu dari enam bersaudara ini dibesarkan dalam keluarga yang sangat disiplin dan menaruh perhatian tinggi terhadap pendidikan. Ditambah lagi dengan latar belakang pendidikan marketing di negara Paman Sam, membuat Veronica semakin mencintai jalur yang dipilihnya, dan memacu semangatnya untuk menjadi pebisnis sukses. “Seorang anak harus lebih sukses dari orangtuanya,” ujar Veronica di akhir perbincangan.


“Veronica orangnya gesit dan tidak pernah lelah. Dia pebisnis yang selalu mencari cara untuk mendapatkan solusi pada setiap persoalan. Karakter ini sangat baik untuk bisnis yang dia jalankan.” (Kemal, Investor)




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law