Wednesday, 27 February 2013

Mengenal Fungsi Meditasi


Masih mengenai meditasi seperti yang saya posting beberapa waktu yang lalu, kali ini kita akan bersama-sama melanjutkannya dengan fungsi meditasi. Sebenarnya, apa saja sih fungsi meditasi? Apakah meditasi hanya selalu berkaitan dengan melatih pikiran, menekankan pada fungsi melatih pikiran, dan selalu berkutat dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan pikiran? Mari kita simak pemaparan berikut :)

Aktivitas duduk bersila dengan mata terpejam dan pengaturan nafas dalam sebuah meditasi, bukanlah sebuah ritual agama tertentu. Sikap badan seperti itu bisa dilakukan siapa saja, dan bisa memberikan dampak positif yang hebat dalam hidup kita. Aktivitas tersebut bisa melatih pikiran ke arah lebih positif, alih-alih bisa menghilangkan stres yang sedang mendera. Pola yang digunakan dalam meditasi membantu setiap orang untuk mengendalikan cara berpikir hingga bagaimana cara mengenali siapa diri kita sesungguhnya.

Ketika jiwa Anda terasa hampa, gelap seolah tidak ada cahaya, maka segeralah kembali merenungkan apa tujuan kita hidup. Proses merenung dimana pikiran hanya terfokus pada pada satu hal yaitu DIRI ANDA. Kenali apa kelebihan dan kekurangan diri, pencapaian dan kegagalan yang sudah dilalui, koreksi positif dan negatif yang dimiliki, dan capailah satu kesimpulan, “Buang yang buruk, ambil yang baik.”

Masa lalu bukanlah patokan masa depan Anda. Masa lalu bukan pula target masa kini Anda. Masa lalu, masa kini, dan masa depan menjadi tiga hal yang berbeda. Meditasi membuat Anda fokus pada masa kini. Menjalankan hidup sebaik-baiknya di masa kini, terlepas dari seburuk apa Anda di masa lalu. Jika Anda di masa kini sudah fokus dan mengusahakan yang terbaik, bukan tidak mungkin masa depan Anda akan berkilau selayaknya berlian.

Meditasi membantu Anda untuk menjalankan hidup sepositif mungkin. Sekali lagi, tidak peduli bahwa ada begitu banyak perubahan mengejutkan dalam hidup Anda, Anda tetaplah berada dalam posisi tenang. Metode meditasi akan membantu Anda mengendalikan arus pikiran, sehingga masalah berat tidak bertambah berat, dan masalah kecil tidak menjadi berat. Sikap Anda pun akan menjadi lebih stabil dan positif.


dari sini

Kita dapat belajar untuk menyadari kehadiran kemarahan yang datang sebagai tamu tak diundang dengan menyambutnya melalui jamuan positif (Adjie Silarus)

Adjie Silarus merupakan seorang Meditator yang sudah merasakan hasil dari meditasi yang dilakukan selama bertahun-tahun ini. Adjie, yang pernah memiliki penyakit yang berawal dari stres ini, berusaha menyembuhkan penyakit dengan pola pikirnya, bukan dengan obat-obatan. Dia menggunakan meditasi sebagai sarana penyembuhan fisiknya. Gaya hidup positif yang berawal dari meditasi, dilakukannya secara konsisten, sehingga bukan saja pola pikirnya yang terlatih namun kesehatannya pun pulih jauh lebih baik!

Meditasi yang sering dikaitkan dengan praktik semedi pada kalangan agama tertentu ini, sebenarnya sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak dulu, sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas kekuatan Mahabesar yang menggerakkan kehidupan. Meditasi menjadi sarana perenungan dan penyatuan diri terhadap alam sekitar. Inilah sebabnya, meditasi sebenarnya bisa dilakukan oleh lintas agama, dengan niatan melatih pikiran untuk lebih bisa menerima keadaan diri.

Bahkan pada masa kini, meditasi modern lebih menekankan pada fungsi melatih pikiran, meskipun ternyata manfaat meditasi bukan sekadar itu saja. Banyak efek positif lainnya yang bisa didapatkan. Diantaranya adalah tumbuhnya kesadaran terhadap diri sendiri, lebih mengenal dan memahami alam sekitar, menumbuhkan kepercayaan diri dan kesabaran untuk rendah hati.

Selain itu, meditasi bisa membuat seseorang dekat dengan Sang Maha Pencipta, mensyukuri apa yang telah digariskan oleh-Nya. Sehingga dengan penerimaan yang positif terhadap Sang Pencipta dan diri sendiri tersebut, lahirlah kesehatan pada tubuh. Fungsi organ tubuh menjadi membaik, dan pada beberapa kasus bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti yang sudah dirasakan oleh Adjie Silarus.

Pikiran yang jernih dan penerimaan positif akan membuka segala jalan mencapai pertolongan-Nya. (Adjie Silarus)

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai fungsi meditasi. Sepertinya memang meditasi ini patut dicoba :) 
Oleh karena itu rasanya tak salah jika Indscript Creative dengan Personal Branding Agency-nya membranding Adjie Silarus yang memperkenalkan metode ini sebagai sarana melatih pikiran.

 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law