Benarkah Meditasi Dapat Menghilangkan Trauma?


Hampir setiap orang, saya, Anda atau mereka, banyak yang pernah mengalami trauma. Yaitu suatu kondisi di masa lalu yang menyesakkan, yang mana kita merasa terluka dan hingga kini sulit untuk melupakannya. Trauma bukan saja bisa mengganggu pikiran, tapi juga akan berpengaruh besar dalam langkah kita menyusun masa depan. Tentu saja, kita tidak ingin memiliki trauma itu, bukan?

Di pekan kedua dari peluncuran program Personal Branding Award, Indscript Creative dengan Personal Branding Agency-nya kembali mencoba membranding Adjie Silarus dengan tema yang masih berkaitan dengan tema sebelumnya, yaitu mengenai meditasi. Uraian berikut ini adalah tentang meditasi sebagai jalan menghilangkan trauma di masa lalu.





Trauma bisa berbentuk kejadian seperti kecelakaan, kehilangan orang yang disayangi, pelecehan seksual, tekanan dalam kehidupan, putus cinta, mengalami kekecewaan, rasa bersalah yang menghantui, atau berbagai pengalaman negatif lainnya yang mengendap dalam ingatan Anda. Menghapus trauma tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh komitmen dan konsistensi untuk mengusirnya secara perlahan-lahan sehingga akhirnya tidak ada yang tersisa.

Tahukah Anda bahwa bermeditasi bisa menjadi salah satu jalan menghilangkan trauma di masa lalu? Meditasi bisa membantu Anda mengikisnya, karena Anda akan dituntut untuk berdamai dengan diri sendiri apapun masalah yang Anda hadapi. Meditasi membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Meditasi membuat Anda menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus Anda sesali, melainkan tantangan yang harus Anda lalui. Meditasi mampu membuat Anda kembali mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mengubah hidup Anda lebih positif.

Mengapa meditasi bisa mengubah trauma menjadi lebih positif? Sebab, meditasi membantu Anda melalui aktifitas menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan yang mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Meditasi membuat Anda fokus pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan. Ketika ketenangan sudah Anda dapatkan, maka Anda akan lebih menikmati hidup yang Anda jalankan saat ini.

Adjie Silarus, adalah meditator yang sukses mengikis masa lalunya yang buruk melalui metode meditasi yang dilakukan terus menerus. Adjie mencapai titik bahagia bukan karena apa yang akan dia dapatkan di masa depan, tetapi karena apa yang sudah dia dapatkan sekarang dan apa yang telah dia lakukan untuk mengikis trauma masa lalunya. Bahagia bukan semata-mata sebagai akibat tapi bahagia pun menjadi sebab.

Menurut Adjie Silarus, meditasi bukan saja mampu membantu Anda melepaskan diri dari trauma masa lalu, kecemasan serta ketakutan akan hal-hal yang belum tentu terjadi. Meditasi juga akan menuntun Anda meraih ketenangan, optimistis, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif.
 
Lalu, bagaimana dengan Anda? Terpikir untuk menghilangkan trauma dengan meditasi? Sudah siapkah Anda? Tak ada salahnya ikut mencoba :)



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.