Tuesday, 31 December 2013

Backpackeran Sama Ummi, Yuk!



Sebenarnya sudah cukup lama perjalanan ini terjadi. Tepatnya pada tanggal 11 Desember 2013 lalu. Hanya saja saya belum sempat menuliskannya di sini. Saya merasa perlu menuliskannya sekarang. Bukan apa-apa, sih. Waktu itu saya seneng banget endingnya. Perasaan yang jarang sekali saya rasakan. Berpetualang bersama jagoan kecil saya. Jadi sayang aja kalau tidak saya dokumentasikan perjalanan "langka" ini :)

Monday, 30 December 2013

[REVIEW] Tentang Hati yang Sedingin Mint Ice Cream (The Mint Heart)






"Dia memang selalu begitu, dingin. Tapi begitulah dia, dan aku menyukainya tanpa banyak protes, seperti aku menyukai mint ice cream yang membekukan lidahku."

Sejak awal membaca novel ini, langsung tertangkap cara penyampaian cerita yang mengalir begitu saja. Bahasanya bahasa anak muda, gaul, dan mudah dicerna. Dengan menggunakan kata ganti orang pertama-kedua gue-lu, mencerminkan kehidupan anak muda di kota metropolitan, Jakarta. Gaya penceritaannya menggunakan PoV (Point of View) dari dua tokoh utamanya, yaitu Lula dan Leon. Gaya bahasanya yang lugas, tak bertele-tele, membuat novel ini terasa asyik dibaca dan membuat pembaca (saya) ingin terus membaca novel ini sampai habis.

Saturday, 30 November 2013

Solo, Kota Seni dan Budaya yang Ngangeni



Siapa yang belum tahu Solo? Solo yang terkenal dengan batiknya itu, atau dengan Keraton Surakarta-nya, atau dengan bapak Jokowi yang akhir-akhir ini semakin populer? Pasti sudah banyak yang tahu, ya, tentang kota Solo atau Surakarta yang terletak di Jawa Tengah ini.

Thursday, 28 November 2013

Pendidikan Anti Korupsi Sejak Usia Dini



credit

 

Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat prihatin menyaksikan berita di berbagai media massa yang hampir setiap hari membahas tentang korupsi. Semakin hari semakin banyak kasus korupsi yang terungkap oleh pihak yang berwenang (dalam hal ini dan saat ini adalah KPK). Itu semua yang sudah terungkap. Saya yakin masih banyak kasus korupsi yang belum tersentuh hukum. Karena nampaknya korupsi sudah mengakar di negeri ini, atau mungkin sudah menjadi budaya hingga ke seluruh negeri?

Tuesday, 19 November 2013

Masuk Neraka Siapa Takut # Pergaulan di Masa Muda



credit


Hidup itu terus berjalan. Dan dari setiap langkah perjalanan itu, pasti meninggalkan jejak yang berbeda-beda. Kadang baik dan indah untuk dikenang, tapi banyak juga kenangan buruk atau memalukan. Nah, sekarang, saya mau cerita yang mana ya? Hehehe... saya pengin nulis yang santai saja, meskipun itu...... memalukan! :p Namun, semoga ada manfaatnya. Terutama untuk para muslimah ataupun pemuda muslim yang belum menikah.

Friday, 15 November 2013

Menguatkan Tangan Anak sebagai Bekal untuk Menulis






Anak saya Faiq sekarang berusia 3,5 tahun. Tahun ini dia sudah ikut bersekolah di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di dekat rumah. Tapi, dia masuknya terlambat sekitar 2 bulan. Seharusnya awal tahun ajaran baru adalah bulan Juli, tapi dia baru mau masuk pada akhir bulan Agustus.

Thursday, 14 November 2013

Meringankan Guru PAUD (dimuat di "Gagasan" Jawa Pos)


credit


Sebenarnya, ketika mengirim secuil tulisan ini saya tak begitu yakin Jawa Pos akan memuatnya. Soalnya, ide yang saya tulis sangat ringan dan menurut saya sudah umum. Saya hanya ingin menuliskannya dan berbagi dengan orang lain yang mungkin bersedia membacanya, yaitu editor Jawa Pos. Hehehe... Saya ingin ada jurnalis yang membaca uneg-uneg saya :)

Sunday, 3 November 2013

Mereguk Ilmu Ngeblog di Serunya M&B Fair 2013



 

Pertama kali mendengar kabar dari mbak Nunu El-fasa tentang event Mother&Baby Fair 2013 di Surabaya (M&B Fair), saya langsung tertarik untuk bisa hadir di event itu. Tentu saja, karena saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki seorang putra balita. Jadi saya pikir event ini menarik dan pas untuk saya kunjungi. Karena event ini merupakan salah satu pameran terbesar untuk ibu dan bayi di Indonesia. Apalagi rumah saya di Sidoarjo, jadi tidak terlalu jauh dari lokasi acara yang berada di Grand City Mall Surabaya.

Sunday, 13 October 2013

Persiapan Ideal untuk si Kecil Tak Harus Mahal




Suatu hari di dalam kelas...

“He! Jangan duduk di atas meja! Meja tuh buat belajar! Duduk tuh di kursi! Kok aneh-aneh!”

Hmm... Itu suara Faiq! Ya, itu suara jagoan kecil saya, yang sedang berteriak-teriak pada teman-temannya yang sedang gaduh di kelas. Pada jam istirahat tersebut, teman-temannya ada yang berlari-lari, ada yang duduk di atas meja, bahkan berdiri di atasnya. Aduh, tetapi rasanya saya malu kepada wali murid yang lain ketika melihat Faiq berteriak-teriak di dalam kelas seperti itu. Mereka mungkin ada yang beranggapan anak saya suka mengatur-ngatur temannya.

Sunday, 8 September 2013

[REVIEW] "SEJENAK HENING" Adjie Silarus - Ya Allah, di Manakah Diri-MU?





Saya senang sekali ketika beberapa hari yang lalu mbak Indari Mastuti menawarkan sebuah teaser buku kepada ibu-ibu di komunitas IIDN. Dan ketika saya tahu teaser itu adalah milik Adjie Silarus yang berjudul “Sejenak Hening”, saya merasa beruntung. Karena sejak “mengenal” nama Adjie beberapa waktu yang lalu sebenarnya saya selalu penasaran dengan buah pikirnya tentang masalah psikologi, masalah menata hati dan pikiran. Ya, Adjie Silarus yang terkenal dengan “meditasi”-nya itu tentu saja akan membahas masalah-masalah hidup berdasarkan ilmu psikologi.

Tuesday, 20 August 2013

Pandan dan Semangat Berbagi



Pandan di halaman rumahku


Ramadhan telah pergi, pandan-ku pun semakin “trondol”. Hehehe... Bisa ditebak kan kenapa? Yap, karena dia terlalu sering kupetik untuk memasak kolak :D 

Thursday, 15 August 2013

Aku Bahagia Bersama Mereka


“Mbak Lila nanti ke sini ya, Mii?” tanya anakku suatu ketika.
“Besok pagi, Nak...”
“Enggak besok, Mii... Nanti...”
“Besok, Faiq... Ditunggu yaa...”
Anakku Faiq yang kangen dengan saudaranya itu mulai merengek, lalu menangis.
“Jawab ‘iya’ gitu aja lho... Biar nggak nangis anaknya!” sahut ibuku dari arah dapur.

Monday, 5 August 2013

(Mengingatkan Kembali) Pentingnya Medical Checkup [Dimuat di "Gagasan" Jawa Pos]



credit


(bingung mau posting apa.... :) )
Ini tulisanku yang dimuat di rubrik "Gagasan" Jawa Pos hari Sabtu tanggal 06 Juli 2013 lalu.  Tentang pentingnya Medical Checkup bagi kita. Alhamdulillah, tulisan ini dimuat setelah sebelumnya 9 kali kirim dan gagal tayang :D

Dan, tulisan ini "terinspirasi" dari sakit yang kuderita satu bulan sebelumnya :)

Thursday, 1 August 2013

Rumput dan Sebuah Kejutan


“Bi, inget nggak sebentar lagi ada tanggal spesial?”
“Emmm... Apa ya?” suamiku menghentikan gerakan tangannya.
“Tuh, kan! Mesti lupa, mesti lupa!” kataku sambil mencabut rumput dengan keras. “Bulan Juni...,” sambungku pelan.
“Oh, iya iya. Nggak kerasa ya udah mau empat tahun. Tunggu aja, ya, ntar ada kejutan, deh.”

Tuesday, 30 July 2013

Perjuangan Bintang


Sebut saja namanya Bintang. Anaknya pendiam. Semasa kecil dulu dia pernah mengalami “kekerasan”, dia dipukul oleh gurunya ketika masih duduk di kelas 3 SD. Gara-garanya dia tidak mengerjakan PR. Entah karena sudah sering tak mengerjakan PR atau bagaimana sehingga gurunya sampai setega itu memukulnya, aku kurang ingat ceritanya. Yang jelas setelah kejadian itu dia tak mau sekolah. Dibujuk ibunya, kakak-kakanya, teman-temannya maupun gurunya, tak ada yang mempan. Hal itu berlangsung hingga dia beranjak dewasa. Kini usianya 15 tahun. Dia tak tamat SD. Dia trauma akan sekolah. 

Friday, 26 July 2013

Kado di 4 Tahun Pernikahanku


Kalau di awal pernikahanku 4 tahun yang lalu aku mendapatkan kado yang sangat istimewa dari Allah, maka di hari jadi pernikahanku yang keempat bulan Juni lalu aku juga mendapat kado dari-Nya yang tak kalah istimewa. Kado apakah itu?

Monday, 22 July 2013

I'tikaf Bersama si "Erroria"


credit


Semasa kuliah dulu aku pernah menjadi sukarelawan di sebuah panti asuhan anak-anak yatim dan anak-anak kurang mampu khusus perempuan. Kurang lebih satu tahun aku di sana, membantu belajar adik-adik dan membantu urusan panti yang lainnya. 

Thursday, 18 July 2013

Sweet Moment itu Unpredictable


Kisah ini tak akan mungkin kulupakan. Karena ini merupakan salah satu kisah manis di antara kisah-kisah manis yang telah dianugerahkan Allah dalam hidupku.

Awalnya aku mengikuti sebuah kompetisi skripsi nasional setelah kurang lebih setahun aku lulus kuliah. Skripsi yang telah lulus dengan nilai A itu kuikutkan dalam lomba skripsi yang diadakan oleh Yayasan Supersemar. Singkat cerita, alhamdulillah skripsiku terpilih di antara 11 (sebelas) karya skipsi yang memenangkan kompetisi itu. Karyaku mewakili karya ilmiah (skripsi) terbaik untuk bidang ilmu agama Islam.

Saturday, 6 July 2013

Pengikut Rasulullah


credit
Orang-orang berkerumun. Polisi pun segera mengidentifikasi korban kecelakaan itu. Ditemukannya dompet berisi KTP dan beberapa lembar uang. Tubuhnya berlumuran darah, namun pecinya masih menempel di kepala.

Saturday, 29 June 2013

MELATI


credit



Kulihat Melati sedang berjalan bersama teman-temannya di lorong kampus. Rasanya aku seperti berteduh di bawah pohon nan rindang menyaksikan wajahnya yang seriang itu. Segera kupercepat langkahku ke kantin Fakultas Teknik, memenuhi janjiku padanya. Sudah beberapa hari aku tak bertemu dengannya.

Thursday, 30 May 2013

IIDN, Komunitas Menulis yang "Ibu-ibu Bangeeeetttt..."


Aku merasa nyaman berada di dalam komunitas ini. Sejak pertama kali aku tergabung di dalamnya, aku menemukan sesuatu yang terus membuatku bersemangat. Ya, bersemangat dalam menulis. Tahukah Anda seperti apakah komunitas yang kumaksud? Di bawah ini akan kuceritakan pengalamanku bergabung dengan komunitas yang dari awal hingga kini selalu kucintai. Tetapi baiklah, just for info, tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.

Tuesday, 28 May 2013

Di Bandara Juanda



credit

 

Taksi berhenti tepat di pintu masuk terminal keberangkatan Bandara Udara Juanda. Si lelaki segera membawa koper kecil beserta tas di punggungnya, berjalan di samping si perempuan. Si perempuan yang menenteng tas coklat barunya yang bersulam bunga-bunga cantik, tak berani mendahului langkah si lelaki. Selain karena perasaannya yang belum tertata rapi, ini adalah kali pertama dia menginjakkan kaki di bandara. Walaupun, si lelaki juga setali tiga uang. Namun demi menjaga nyali kelelakiannya, dia berusaha tampil berani, percaya diri, dan berwibawa.

Monday, 27 May 2013

Prompt #14: Di Desa yang Berselimut Salju


credit: dokumentasi pribadi dari Kartika Kusumastuti


Aku dan Dean tiba di desa Oymyakon di bulan Desember. Aku bermaksud melanjutkan penelitian untuk tesisku di bidang sains dan teknologi di desa yang terletak 9000 mil sebelah timur Moskow, Rusia ini.

Saturday, 25 May 2013

Ngeblog Membuatku Semangat Menulis


credit


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh. Dengan tema: Seandainya Saya Tidak Ngeblog. Sebelumnya mohon maaf karena aku mengganti kata ganti “saya” menjadi “aku” karena aku ingin konsisten menggunakan kata ganti tersebut dari awal hingga akhir kompetisi ini. Tujuanku tidak lain adalah agar terasa akrab saja dengan teman-teman sesama kompetitor ataupun teman-teman pembaca lainnya :)

[FF] Kami Hadir....




 
Malam itu jeng Lita mendapat inbox di akun facebook-nya. Isinya berupa himbauan agar besok tanggal 24 Mei 2013 menghadiri acara perayaan ulang tahun komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis – Interaktif (IIDN) yang ke-3 di Jakarta. Jeng Lita keringetan, deg-degan, bingung antara ingin hadir dan tanda tanya-tanda tanya di benaknya. Lha wong rumahnya di Kudus kok diundang ke Jakarta. Benarkah ini? Apalagi seumur-umur dia belum pernah ke Jakarta. Bagaimana kalau nanti nyasar di ibu kota? Ngundangnya mendadak lagi. Dua hari sebelum acara!

Friday, 24 May 2013

KUTEMUKAN DIRIMU




Tak pernah kubayangkan, suatu waktu
di sepinya masaku:
tentang hari yang biru
penuh semangat menderu

Monday, 20 May 2013

PROMPT #13: Tatapan Bapak Itu...


Hari ini aku pulang agak sore. Jalanan yang padat dan matahari yang masih menebarkan panasnya membuatku berkeringat dan sangat haus. Akhirnya aku menyerah, kuhentikan sepeda motorku di sebuah warung di pinggir jalan.

Friday, 17 May 2013

Bila Serumah dengan Orang Tua



credit

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

“Mbak Lila nanti ke sini ya, Mii?” tanya anakku suatu ketika.
“Besok pagi, Nak...”
“Enggak besok, Mii... Nanti...”
“Iya, besok, Faiq... Ditunggu yaa...”
Anakku Faiq yang sedang kangen dengan saudaranya itu mulai merengek, lalu menangis. Lalu dia ke dapur menghampiri mbah putrinya, "Mbak Lila nanti ke sini ya, Ti?"

"Iya...," jawab ibuku.
Aku menyahut, "Iya, tapi besok, Faiq..."
“Jawab ‘iya’ gitu aja lho... Biar nggak nangis anaknya!” sahut ibuku.

Wednesday, 15 May 2013

Keputusan untuk Kuliah



credit


Sudah hampir 3 tahun aku tidak sekolah, ketika tawaran itu tiba-tiba datang menyapaku. Bapak membawa kabar dari Surabaya. Kabar yang menggembirakan bagiku. Karena pakdheku yang tinggal di Surabaya menawariku sebuah beasiswa dari salah satu universitas swasta di kota Pahlawan itu. Sebelum lanjut, FYI, tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Monday, 13 May 2013

[Quiz MFF Prompt #3] Di Tengah Jembatan Suramadu


Jembatan Suramadu (doc. pribadi)


Minggu pagi yang menyenangkan. Andre dengan segera membonceng sepeda motor ayahnya. Lalu mereka pun melaju ke tempat tujuan. Perjalanan jauh ini membuat Andre tersenyum gembira.

Friday, 10 May 2013

Rapid Fire Question



Agak kaget waktu dimention Jiah Al Jafara di fesbuk, dan tambah kaget waktu baca postingannya. Jujur, ini pe-er Blogger pertamaku (maklum blogger pemula :) ). Aku ga tahu kenapa Jiah masukin aku dalam list-nya (yah mungkin asal acak nama :D ). Oke, aku mau coba mengikuti langkahnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan (yang aku juga ga ngerti dari mana asalnya, pokoknya asal ga negatif dan ga merugikan yah ikuti ajah :D ). Ini dia jawaban-jawabanku:

Thursday, 9 May 2013

Cinta yang Terpendam


credit


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kelima. 

Sebenarnya aku malu kalau menceritakan tentang cinta pertama dalam arti yang “senyatanya”. Ya, maksudku cinta dengan lawan jenis untuk pertama kalinya. Mungkin yang disebut-sebut dengan cinta monyet itu lho... hehe.. Tapi aku suka kepolosan, maka aku pun akan bercerita tentang “cinta pertamaku” itu. Boleh dilanjut, kalau teman-teman mau tahu tentang ceritaku. Enjoy aja... ini buat lucu-lucuan mengenang masa lalu :)

Monday, 6 May 2013

PROMPT #12: KONDE



credit

 

Hari ini hari pertama aku masuk kerja. Hari pertama pula aku akan melintasi Jakarta, dari rumah tanteku. Aku harus datang tepat waktu, kalau perlu lebih awal. Dengan gerak cepat kubawa sepatu ke ruang tamu. Di antara tumpukan baju yang belum disetrika di sofa, aku duduk lalu kupakai sepatu itu.

Wednesday, 1 May 2013

WARNA KEHIDUPAN



credit


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog Bersama Anging Mammiri, minggu keempat. 


Aku sangat ingat kapan pertama kali aku mengenal warna primer. Ya, di kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saat itu ada salah satu mata pelajaran yang namanya “Seni Rupa” dan “Seni Ukir”. Dua mata pelajaran ini diasuh oleh seorang guru. Namanya Bapak Sutopo. Kami memanggilnya Pak Topo. Orangnya tinggi kecil: jangkung. Beliau pendiam, nyeni, dan anggun.

Tuesday, 30 April 2013

NOVUM


“Baiklah, agenda sidang hari ini adalah pembacaan putusan,” kata hakim ketua memulai sidang cerai talak pagi itu.

“Sebentar, Majelis Hakim. Ada novum yang kami temukan. Ini...,” kata pengacara Elsa kepada majelis hakim, kemudian menyerahkan secarik kertas kepada mereka.

Monday, 29 April 2013

PROMPT #11: NOTA SPESIAL


“Beli tiket, ya?”
“Iya.”
“Tiket ke mana?”
“Pengennya sih beli tiket ke Solo buat tanggal 29 besok, tapi udah abis. Ya udah diundur, beli buat bulan Mei aja. Hehe..”

Friday, 26 April 2013

Lygia Nostalina, Momwriter dengan Semangat “Care and Share”





Namanya Lygia Nostalina a.k.a Lygia Pecanduhujan. Biasa dipanggil Teh Gia atau Neng Hujan, karena dia penyuka hujan. Aku mengenalnya melalui facebook di pertengahan tahun 2012 lalu. Waktu itu aku bergabung dengan sebuah grup kepenulisan yang bernama Ibu-ibu Doyan Nulis – Interaktif (IIDN). Sebuah grup menulis yang beranggotakan ibu-ibu dan juga calon ibu di seluruh dunia. Dia yang meng-approve permintaanku untuk gabung di grup itu. Oh ya, tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketiga.

Monday, 22 April 2013

PROMPT #10: Shioban dan Kereta Kuda



credit


Hari itu Shioban senang sekali. Dia puas. Dia bermain bersama teman-temannya dari pagi hingga sore. Dan sekarang sudah terlalu sore, malam akan segera menjemput. Dia takut kalau ibunya akan marah dengan aktivitas bermainnya hari ini. Maka dengan bergegas dia segera berlari menuju pinggiran sungai tempat dia bermain.

Thursday, 18 April 2013

Sidoarjo, Kota Ikan dan Udang



Menyambung dari cerita sebelumnya, kali ini aku akan menceritakan tentang kota domisiliku. Sebenarnya aku terlahir dan besar di kota Solo, Jawa Tengah, lalu pernah pula tinggal di kota Surabaya. Namun kini aku tinggal di sebelah kota Surabaya, yaitu Sidoarjo. Aku baru 3 tahun tinggal di kota ini, tepatnya setelah anakku lahir. Dan.... sebelum bercerita lebih lanjut, seperti yang kemarin, tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua.

Monday, 15 April 2013

Ada dan Tiada


Aku tahu pagi ini kau akan lewat di lorong jalan ini. Aku tunggu kamu. Benar kan? Telah nampak sosokmu di ujung jalan. Aku pura-pura menyapu. Sementara debar jantungku kian tak menentu.

“Pagi...,” sapamu tepat di hadapanku, lalu tetap meneruskan langkahmu. Karena ini sudah pukul 8 pagi, saatnya kau mulai membuka kiosmu bersama anak buahmu. Dan aku, serasa tak bisa mengendalikan sapu di tanganku.

Sunday, 14 April 2013

Rumah Baruku, Rumah Uji Nyali!



Hari ini aku mau posting tulisan mengenai rumah, tepatnya rumahku. Kebetulan tanggal 25 Maret 2013 kemarin aku dan keluarga mulai menempati rumah baru. Kami pindah kontrakan. Tetapi kali ini kami mengontrak untuk waktu yang lumayan lama, 10 tahun! Dan kami sendiri yang membangunnya. Tapi... aku nggak bakal cerita tentang kontrakan yang lumayan lama itu di sini :) ada hal-hal lain yang ingin aku bagi, yang kurasa lebih asyik. Oke, yuk baca selanjutnya. Oh iya, sebelum lanjut perlu aku infokan, tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu pertama. Ehm, kok kebetulan pas sekali ya momennya? Hehe..

Saturday, 13 April 2013

PROMPT #9: PARFUM EYANG


credit


Keringatnya jatuh bercucuran membasahi seluruh tubuhnya. Nafasnya naik turun tak beraturan. Dia segera melepas kaosnya, dan melemparkannya sekenanya.

“Kejar aku lagi, Bun!” teriaknya pada Mira, perempuan muda yang berdiri tak jauh darinya. Kondisinya pun tak jauh beda dengannya.

Wednesday, 10 April 2013

Bagiku, Mizan Jaminan Mutu!


Sejak SMP hingga kuliah sebenarnya saya sudah seringkali mendengar nama Mizan, dan membaca buku-buku dengan label Mizan di sampulnya. Saat itu, yang saya tahu Mizan adalah penerbit buku-buku islami. Itu saja. Karena buku-buku yang saya baca itu memang demikianlah isinya. Tentang novel remaja Islam, kumpulan cerpen islami, buku motivasi Islam, dan lain sebagainya yang kesemuanya berwawasan Islam. Ya, mendengar nama Mizan, pasti pikiran saya langsung mengarah kepada buku-buku islami.

Monday, 1 April 2013

PROMPT #8: KENDI "AJAIB"


“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un....”
“Yang sabar ya, Tih.”

Tepat setelah jam kuliah usai, kami berkumpul di depan kelas. Kami mengelilingi Ratih yang baru saja mendapatkan kabar kematian ibunya di kampung. Dia masih menangis tergugu. Sedangkan kami para sahabatnya, segera merencanakan untuk mengantar kepulangan gadis bungsu dari keluarga sederhana itu.

***

Saturday, 30 March 2013

PROMPT #7: What Can I Do?



credit



Di keramaian siang dan malam aku selalu memikirkanmu. Kau yang jauh di ujung kota itu, tak mampu menghalangiku untuk terus berusaha mengingatmu. Aku selalu menantikan saat-saat itu, ketika kita akan bersanding di pelaminan nanti.
Telah kuukir namamu di hatiku. Pun janji telah kita tautkan bersama, untuk masa depan kita. Meski di tiap waktu ada bermacam makhluk indah menghampiriku, aku akan selalu menunggumu. Bagiku, kesetiaan adalah rela menunggu meski berjuta orang melintasiku.
*** 

Friday, 22 March 2013

Mengubah Dunia Dimulai dengan Mengubah Diri


credit

 

Seringkali kita dibuat tersentak saat mendengar atau melihat berbagai berita yang mengguncangkan. Seperti terjadinya bencana tsunami di Aceh tahun 2004 lalu, yang menelan ribuan korban jiwa. Atau yang belum lama ini terjadi misalnya, saat terjadi banjir besar di Jakarta, ibukota Negara kita. Banyak korban yang jatuh, orang-orang kehilangan rumah, harta benda, bahkan nyawa. Belum lagi berbagai kasus korupsi yang merebak seakan tak tahu malu. Anak-anak yang terpaksa mengais sampah demi sesuap nasi. Hutan gundul akibat penebangan liar. Semuanya saling terkait dan membuat dunia terasa semakin carut-marut.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengubah dunia? Apa yang harus kita lakukan?

Mendidik Anak Melalui Permintaannya


Namanya saja anak-anak, pasti banyak permintaannya. Minta mainan, minta jajan, minta jalan-jalan, dan lain-lain. Dan biasanya, kalau permintaannya tidak terpenuhi mereka akan terus merengek dan bahkan bisa jadi langsung menangis. Kita sebagai orang tua seringkali bingung bila tak dapat memenuhi permintaannya.


Namun, apakah kita akan mengabulkan setiap permintaan dari anak? Merasa kasihan bila permintaan mereka tak dapat kita penuhi? Atau bahkan merasa bersalah bila tak dapat memenuhinya? Tentu kita sebagai orang tua mempunyai patokan-patokan tersendiri dalam memutuskan apakah kita akan memenuhi permintaan anak, atau tidak.

Thursday, 21 March 2013

WomanMarketer: Sentuhan Wanita di Dunia Marketing


credit


Marketing merupakan bagian terpenting dari sebuah usaha atau bisnis, sebagai garda terdepan untuk kelangsungan hidup sebuah usaha. Untuk itu, posisi marketing dalam sebuah bisnis mutlak harus dipegang oleh orang yang luwes dalam berinteraksi, baik dalam soal bisnis maupun hubungan sosial.

Wednesday, 20 March 2013

Veronica, Women Marketer Masa Kini


credit

Konsultasi marketing adalah bidang jasa yang paling dibutuhkan oleh setiap pebisnis. Sebab, tanpa sentuhan tangan seorang ahli marketing, maka sehebat apapun sebuah produk, niscaya tidak akan sampai secara optimal ke tangan pelanggan. Jasa konsultasi marketing di Indonesia, hingga saat ini tampaknya masih didominasi oleh pria. Belum banyak wanita yang muncul sebagai konsultan marketing. Padahal sebenarnya, justru populasi inilah yang sangat dekat dan paham dengan dunia marketing.

Tuesday, 19 March 2013

Sejenak Hening, Teknik Meditasi ala Adjie Silarus



Sekarang ini meditasi sudah mulai populer di Indonesia. Manfaatnya mulai diketahui banyak orang sebagai cara untuk membantu menyeimbangkan pikiran, kesehatan, bahkan manajemen diri mereka. Ada beberapa meditator yang telah dikenal oleh media massa, di antaranya adalah Reza Gunawan, Adi W. Gunawan, Merta Arda, Gerald Lim, dan Adjie Silarus yang mengkhususkan diri pada penggunaan meditasi bagi peningkatan kualitas dan manajemen diri. 

PROMPT #6: TUAN BLACK



“Masa lalu tak selalu menentukan kebahagiaan masa kini. Tetapi tak dapat dipungkiri, masa lalu dapat selalu menghantui masa kini.”
Begitu bunyi status facebook teratas yang muncul di layar laptop Noura. Status dari seseorang yang baru beberapa hari yang lalu dia add. Menjadi status terpopuler detik ini rupanya. Dan Noura terbelalak kaget setelah membaca puluhan komentar yang berderet di bawahnya. “Baiklah, aku akan menemuinya besok,” batin Noura.
***

Monday, 18 March 2013

Menstimulasi Kecerdasan Anak Melalui Bercerita



Jangan remehkan kecerdasan anak. Karena setiap anak terlahir jenius. “All children are born geniouses”, begitu kata Buckminster Fuller. Ya, maka tugas kita sebagai orang tua adalah mengasah dan memoles apa yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada anak-anak kita. Tugas kita lah untuk menstimulasi kecerdasan yang “dibawanya” agar menjadi lebih baik.

Salah satu cara untuk menstimulasi kecerdasan anak adalah melalui bercerita, baik bercerita secara langsung (lisan) atau melalui membaca buku bersama-sama dengan anak. Dengan bercerita, anak diajak berpikir secara runtut, mengasah kemampuan verbalnya, mengembangkan daya imajinasi anak, dan masih banyak lagi manfaatnya. Dari sebuah cerita, akan ada banyak kosakata baru, pengetahuan baru, dan pesan-pesan moral yang kita sampaikan.

Sunday, 17 March 2013

[Aku Bersama IIDN] Semua Menyenangkan





 Ibu-ibu Doyan Nulis – Interaktif (IIDN – Interaktif), sebuah nama grup menulis di Facebook yang langsung kucari ketika pertama kali aku mendengarnya. Mengapa demikian? Itu karena beberapa minggu sebelumnya aku menang lomba menulis kecil-kecilan. Aku jadi ketagihan untuk ikut lomba-lomba menulis lagi. Dan aku haus akan ilmu tentang menulis di samping sedang semangat-semangatnya mencari info lomba menulis. Sehingga grup ini kurasa sangat tepat untukku.

Di pertengahan Agustus 2012 itu, aku langsung join dengan grup ini. Tak menunggu lama, aku langsung diapprove oleh seseorang yang bernama Lygia Pecanduhujan. Aku belum tahu siapa dia. Nama yang aneh, pikirku :)

Wednesday, 13 March 2013

Lygia Nostalina, Momwriter Pencetus Brand “Storycake”



credit


Ketika Anda ke toko buku, pernahkah Anda menjumpai deretan buku dengan sub judul “Storycake”? Ya, bila Anda seorang bookaholic saya yakin Anda sudah tak asing lagi dengan brand ini. Tapi, tahukah Anda siapakah orang di balik suksesnya brand ini?

Dialah Lygia Nostalina a.k.a Lygia Pecanduhujan atau biasa disapa Teh Gia atau Neng Hujan. Momwriter dengan tiga anak inilah yang membidani lahirnya seri buku Chicken Soup ala Indonesia, yaitu buku-buku kumpulan kisah inspiratif dari berbagai sudut permasalahan yang berbeda, yang ditulis oleh Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN).

Buku-buku Storycake yang telah dibidaninya adalah A Cup of Tea for Single Mom, A Cup of Tea for Complicated Relationship, Storycake for Ramadhan, Storycake for Backpackers, dan buku solo Hot Chocolate for Broken Heart. Selain itu masih banyak lagi kontribusi naskahnya di buku-buku antologi Storycake lainnya.

Sarjana Hukum lulusan Universitas Indonesia ini kini aktif sebagai Marketing Communications di IIDN dan sebagai PR Manager di Agensi Naskah Indscript Creative, Bandung.

Ia dapat dikontak melalui Email: rain_lady@ymail.com, FB: Lygia Pecanduhujan dan Twitter: @giapecanduhujan.


#988 karakter


credit

putra-putri terkasih (credit)


Beberapa seri buku Storycake









Biografi super singkat ini ditulis dalam rangka mengikuti Kuis Kamis di IIDN - Interaktif yang digawangi oleh mbak Nunu El-fasa yang cantik dan ceria :)



Tuesday, 12 March 2013

PROMPT #5: DILEMA

dari sini



Roni menghempaskan lembaran itu ke lantai. Marni terdiam melihat Roni yang tampak gelisah. 
"Tidak, jangan sekarang. Kasihan Ririn jika dia tahu tentang ini semua." Ucap Roni pada dirinya sendiri.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Herbadrink Blog Competition

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

Priceza


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law